Denpasar (Antara Bali) - Calon anggota Komisi Pemilihan Umum periode 2013-2018 dari delapan kabupaten/kota dibekali orientasi kepemiluan oleh KPU Provinsi Bali pada 17-18 Oktober 2013.

"Setelah dilantik, kami memang menjadwalkan segera memberikan orientasi kepemiluan karena tahapan Pemilu 2014 sudah berjalan sehingga diperlukan langkah cepat dari penyelenggara pemilu," kata Ketua KPU Provinsi Bali Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi di Denpasar, Selasa.

Menurut dia, meskipun sesungguhnya anggota KPU kabupaten/kota yang baru terpilih berdasarkan hasil pleno KPU Bali pada Senin (14/10) sebenarnya sudah memenuhi syarat sebagai penyelenggara pemilu, tetap masih banyak hal terkait kepemiluan yang perlu ditekankan sehingga tahapan pemilu ke depan dapat berjalan lancar dan berintegritas.

"Untuk pelantikan delapan KPU kabupaten/kota akan dilakukan pada Rabu (16/10) dan keesokan harinya langsung diadakan orientasi," ujarnya.

Ia mengemukakan, sebelumnya pada uji kelayakan dan kepatutan 10 besar calon anggota KPU kabupaten/kota sudah diujikan mengenai materi sistem pemilu, manajemen pemilu, dan peraturan perundang-undangan. (LHS)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013