Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali mengaku masih kesulitan mendirikan pabrik pakan ternak berskala besar karena masih menghadapi kendala ketersediaan bahan baku.

"Untuk pabrik, kami perlu memperhatikan mampu tidaknya menyediakan bahan baku itu. Ide dari DPRD Bali akan kami pertimbangkan," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali Putu Sumantra usai menghadiri sidang paripurna DPRD Bali di Denpasar, Senin.

Menurut dia, pabrik pakan ternak memang sangat diperlukan untuk mengurangi ketergantungan peternak pada daerah lain. Namun, untuk membangun pabrik pakan ternak dibutuhkan bahan baku yang berkesinambungan.

"Oleh sebab itu, akan kami kaji kemungkinan ketersediannya. Di lapangan sebenarnya sudah ada pakan ternak mini di kelompok-kelompok peternak yang tersebar hampir di semua kabupaten/kota," ucapnya.

Pada sidang paripurna dengan agenda pembahasan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Bali 2012 itu, anggota DPRD Bali Ida Bagus Udiyana yang membacakan laporan Dewan mengatakan perlu dilakukan kajian pabrik pakan ternak. (LHS)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013