Sumenep (Antara Bali) - Pemkab Sumenep, Jawa Timur, ingin segera memaksimalkan potensi kandungan oksigen di Pulau Giliyang, Kecamatan Dungkek, sebagai lokasi wisata kesehatan.

Bupati Sumenep A Busyro Karim, Selasa, menjelaskan hasil penelitian Pusat Pemanfaatan Saint Atmosfir dan Iklim LAPAN pada 2006 mencatat udara di Pulau Giliyang memiliki kandungan oksigen lebih dibandingkan dengan tempat lainnya.

"Hasil penelitian LAPAN pada 2006 itu diperkuat oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumenep pada 2011. Ketika di siang hari pun, udara di Pulau Giliyang masih terasa sejuk," ujarnya.

Secara kelembagaan, kata dia, Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Jawa Timur sangat berminat mengembangkan potensi kandungan oksigen di Pulau Giliyang itu sebagai lokasi wisata kesehatan.

"Kalau tidak ada perubahan, tim dari Kementerian Kesehatan akan ke Pulau Giliyang pada Rabu (1/5) untuk melakukan penelitian," ucapnya.

Selain itu, Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS) pada tahun ini memprogramkan pembangunan infrastruktur guna menunjang rencana menjadikan Pulau Giliyang sebagai lokasi wisata kesehatan.

"Tim dari BPWS sudah ke Pulau Giliyang beberapa waktu lalu. Pemprov Jatim pun akan berusaha secara maksimal supaya Pemerintah Pusat melakukan percepatan terwujudnya Pulau Giliyang sebagai lokasi wisata kesehatan," paparnya. (LHS)

Pewarta: Oleh: Slamet Hidayat

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013