Merak (Antara Bali) - Pelabuhan Merak dipadati penumpang pejalan kaki dan kendaraan pribadi yang hendak menuju Pulau Sumatera untuk mengisi liburan akhir pekan.

"Diperkirakan penumpang pejalan kaki dan kendaraan pribadi terjadi kenaikan sekitar 20 persen dibanding hari-hari biasa," kata Kepala Bagian Humas PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Cabang Ferry Merak, Mario Oetomo Sardadi di Merak, Jumat.

Ia mengatakan, Pelabuhan Merak dipadati sejak Kamis (28/3) malam hingga ribuan orang untuk diseberangkan ke Bakauheni, Lampung. Mereka para penumpang ingin menjalin silatuhrahmi dengan keluarga di kampung halaman juga mengunjungi sejumlah objek wisata di Pulau Sumatera untuk mengisi liburan.

Biasanya, kata dia, penumpang Pelabuhan Merak mengalami lonjakan penumpang saat memasuki liburan peringatan hari keagamaan maupun liburan sekolah. Saat ini, lonjakan penumpang pejalan kaki terjadi kenaikan  menjadi 8.650 orang, padahal hari normal sekitar 6.500 orang.

Lonjakan juga terjadi pada kendaraan mobil pribadi dan sepeda motor mencapai 8.300 unit. Sedangkan, angkutan truk dan bis relatif normal. (LHS)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013