Pejabat sementara (Pjs) Bupati Bangli I Made Rentin menerima kunjungan para alumni Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) I Angkatan LX Tahun 2024 terkait projek Komunikasi Kebijakan 40 Proyek Perubahan yang bertempat di kantor Bupati, Jumat.

Dalam sambutannya, Pjs Bupati Bangli mengatakan Pemkab Bangli dan seluruh masyarakat harus berbangga hati karena baru pertama kalinya alumni PKN I angkatan LX datang mengimplementasikan 40 proyek perubahan.

"Dan kita sangat bersyukur sekali dapat mendengar langsung dari narasumber tentang berbagai inovasi yang bisa kita ATM (amati tiru dan modifikasi) untuk kita terapkan di Kabupaten Bangli," ujar Pjs Bupati.
 
Sementara itu,  Plt. Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Muhamad Taufiq, DEA yang hadir melalui dalam jaringan atau online via zoom, menyampaikan bahwa proyek perubahan merupakan inti dari kegiatan percepatan dalam hal reformasi birokrasi.
 
Ia ingin kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para peserta yang hadir, terlebih saat ini menjelang transisi kepemimpinan di pusat.
 
Deputi Bidang Penyelenggaraan Kompetensi Lembaga Administrasi Negara Dr. Basseng, M. ED. menjelaskan bahwa hal ini merupakan kali pertama untuk turun ke kabupaten dan kebetulan yang mengawalinya adalah Kabupaten Bangli. 

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk mengimplementasikan perubahan yang sudah digagas oleh 40 peserta pelatihan kepemimpinan nasional.

"Jadi kami dari lembaga sosial negara tentu sangat mengapresiasi kegiatan ini karena nantinya Kabupaten Bangli itu akan melihat proyek-proyek perubahan. Dari 40 proyek perubahan yang sudah ada tersebut bisa kemudian diamati, ditiru dan ditambah untuk diterapkan oleh perangkat daerah yang relevan, sehingga nanti manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat," tambah dia.
 
Di sisi lain Dr. Suseno Yudoyono wali angkatan PKN I Angkatan LX Tahun 2024, menjelaskan bahwa kepemimpinan (Leadership) dari Pjs. Wayan Rentin sebenarnya sebagai perwujudan dari proses pembelajaran PKN tingkat 1 yaitu ingin meningkatkan Kabupaten Bangli. Bukan hanya sekedar jadi daerah tujuan wisata dan untuk mensejahterakan masyarakat Bangli saja, akan tetapi membawa Bangli ke tataran nasional bahkan internasional.

“Yang datang hari ini merupakan para pejabat tinggi," terangnya saat sesi wawancara.  
 
"Ini merupakan terobosan baru dari pemerintah daerah, dan saya mengapresiasi karena itu adalah perwujudan nyata dari proses pembelajaran PKN yang pertama. Dan apa yang mereka telurkan hari ini akan menjadi panutan seluruh pemimpin, tidak hanya yang mengikuti tetapi para pejabat lain bagaimana bila mereka menghasilkan inovasi perubahan di wilayahnya, unit kerjanya bahkan di bawah langsung untuk mendapatkan masukan dari masyarakat, jelasnya”.
 
Kemudian Ketua Angkatan PKN I Angkatan LX Tahun 2024 Dr. Drs. Mulyadin Malik, M.SI, CIGS mengucapkan “Terima kasih banyak kepada LAN dan Pemkab  Bangli yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk bagaimana melakukan implementasi sekaligus dokumentasi kepada masyarakat langsung."
 
Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan anggota Forkopimda Bangli, Alumni PKN I angkatan LX, Alumni ladies program PKN tingkat I angkatan LX, staf ahli Bupati, para asisten Sekda, pimpinan perangkat daerah serta undangan lainnya.
 

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024