Dinas Perikanan Kabupaten Badung, Bali membagikan paket olahan ikan dengan menyasar ibu hamil dan balita di wilayahnya sebagai salah satu upaya mencegah dan menangani kasus stunting.

“Kegiatan ini berfokus guna meningkatkan kesadaran masyarakat agar terbiasa mengonsumsi ikan karena ikan memiliki kandungan Omega-3 yang baik untuk tumbuh kembang anak dan meningkatkan kecerdasan,” ujar Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Badung, Gede Ngurah Sedana, di Seminyak, Badung, Kamis.

Ia mengatakan, pihaknya berupaya memasyarakatkan makan ikan karena ikan memiliki khasiat yang baik untuk tubuh dengan harga yang sangat terjangkau, sehingga mudah untuk didapatkan masyarakat.

“Ini juga merupakan program nasional yang diprioritaskan oleh pemerintah pusat dan kami terapkan di Badung dengan membagikan sebanyak 150 paket olahan ikan di setiap lokasi dari delapan wilayah yang dipilih sepanjang tahun 2024,” kata dia.

Ngurah Sedana juga memastikan ke depannya seluruh masyarakat di Badung khususnya ibu hamil dan balita akan mendapat paket olahan ikan.

“Kami juga akan menambah jumlah paket olahan ikan ke depannya. Bahkan, merencanakan untuk membagikan paket olahan ikan ke seluruh wilayah di Kabupaten Badung pada tahun 2026 jika tidak ada halangan,” ungkap dia.

Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Badung Kristiani Suiasa menjelaskan pihaknya menilai kesadaran masyarakat Kabupaten Badung untuk makan ikan sudah cukup baik.

Hal itu terjadi karena sebagai besar wilayah di Kabupaten Badung merupakan daerah pesisir pantai yang membuat masyarakat sudah terbiasa mengonsumsi ikan.

“Karena mereka dari dulu juga sudah mengonsumsi ikan, sebagian besar juga mata pencahariannya berasal dari laut, terutama daerah Kuta ke selatan," jelas dia

Sementara Lurah Seminyak Kuta I Putu Gede Adhi Karmita Putra berharap dapat terus berkolaborasi dengan Dinas Perikanan dalam menambah paket olahan ikan untuk dibagikan kepada masyarakat.

“Kami berterima kasih kepada jajaran Dinas Perikanan Badung yang telah membagikan paket olahan Ikan kepada warga kami khususnya ibu hamil dan balita dalam upaya bersama untuk mencegah stunting di wilayah kami,” tambah dia.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/Rolandus Nampu

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024