Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali Made Muliawan Arya-Putu Agus Suradnyana (Mulia-PAS) menjanjikan pendidikan SMA/SMK bebas biaya apabila mereka terpilih dalam Pilkada Bali 2024.

Janji di bidang pendidikan ini disampaikan Made Muliawan Arya atau De Gadjah saat menghadiri kegiatan di kediaman Ketua DPC Partai Gerindra Buleleng Gede Harja Astawa.

“Kami gratiskan SMA dan SMK, kami hitung-hitung ternyata bisa. Untuk siswa miskin, yatim piatu, disabilitas, itu akan full support dalam program kami,” kata dia dalam keterangan di Denpasar, Minggu.

Ketua DPD Partai Gerindra Bali itu juga menyatakan tidak hanya bebas biaya sekolah, siswa berprestasi juga akan diberikan beasiswa.

“Kami akan memastikan pendidikan tingkat SMA/SMK digratiskan dan memberikan beasiswa bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi,” ujarnya.

Program pelayanan di bidang pendidikan ini disebut selaras dengan visi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto agar generasi mendatang cerdas.

“Biar adik-adik kita cerdas, semua sekolah, tidak ada yang tidak sekolah. Kami ingin memastikan bahwa semua anak-anak Bali memiliki kesempatan yang sama untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi,” kata dia.

Lebih lanjut nantinya tidak hanya SMA/SMK negeri yang mendapat kesempatan ini, namun juga swasta, dimana subsidi akan diberikan dengan besaran yang disesuaikan dengan kondisi di suatu daerah.

“Konsepnya selesaikan dulu masalah tata kelola yang kemarin. Kalau ada defisit anggaran, itu harus diselesaikan dulu, itu kan utang Pemprov, selesaikan dulu, setelah itu baru kita fokus ke SMA/SMK,” ujar De Gadjah.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024