Bakal calon wakil gubernur Bali Nyoman Giri Prasta yang diusung PDI Perjuangan menginstruksikan pendukungnya untuk menurunkan baliho bergambar dirinya.

Hal ini disampaikan usai pendaftaran Pilkada Bali menanggapi instruksi KPU Bali untuk menerapkan green election atau pemilu hijau melalui pengurangan media kampanye baliho.

“Berkaitan dengan baliho yang sudah ada, kami meminta kepada para pendukung Nyoman Giri Prasta agar melaksanakan pembersihan,” kata dia di Denpasar, Kamis.

Diketahui Giri Prasta menjadi salah satu tokoh politik yang sejak beberapa bulan terakhir wajahnya terpampang di baliho yang tersebar di jalan.

Bupati Badung itu mengaku berprinsip mengikuti regulasi yang berlaku, dimana apabila KPU Bali menetapkan green election melalui pembatasan baliho maka akan dilakukan.

Bakal pasangan calon Gubernur Bali dari PDI Perjuangan yaitu Wayan Koster juga sepakat dengan konsep Pilkada Bali saat ini.

Menurutnya rencana penyelenggara telah sesuai dengan nilai-nilai kearifan lokal yang mereka usung dalam visi misinya yaitu agar membangun Bali yang berkualitas, ramah lingkungan, dan berkelanjutan.

“Dalam konteks pilkada ini kami sangat mendukung agar dalam pelaksanaan kampanye mengurangi penggunaan baliho, di samping persoalan alam juga sebagai destinasi wisata jangan sampai menampilkan wajah yang membuat keindahan itu terganggu, harus menunjukkan tampilan yang ramah lingkungan yang berbudaya yang indah dan bersih,” ujarnya.

Diketahui KPU Bali saat menyambut pasangan calon Wayan Koster-Giri Prasta menyampaikan agar peserta Pilkada Bali mengurangi penggunaan baliho dan ikut serta dalam penanaman bibit pohon sebagai bagian dari konsep green election.

“Harapannya dalam proses kompetisi demokrasi yang akan berlangsung nanti, para calon dapat menjaga keindahan Bali melalui pelaksanaan green election, dengan mengurangi penggunaan baliho,” kata Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan.




Baca juga: KPU Bali terima berkas pendaftaran Wayan Koster-Giri Prasta

Baca juga: Koster-Giri targetkan 70 persen raihan suara dalam Pilkada Bali

Baca juga: Wayan Koster-Giri Prasta resmi diusung PDI Perjuangan untuk Pilkada Bali

Baca juga: De Gadjah mengaku siap lawan paslon Koster-Giri di Pilkada Bali

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024