Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bali menerima berkas pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Wayan Koster-Giri Prasta sebagai pendaftar pertama.

“Kami sudah terima pendaftaran pertama, sudah berlangsung lancar karena semua kami siapkan, sebelum hari ini mereka (pendaftar) semua sudah melakukan koordinasi dengan KPU,” kata Ketua KPU Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan di Denpasar, Kamis.

Pendaftar pertama yang diusung PDI Perjuangan didukung Partai Hanura, Partai Perindo, PKB, PBB, Partai Gelora, PPP, Partai Ummat, dan Partai Buruh, datang sekitar pukul 9.00 Wita bersama ribuan pendukung dan iringan parade budaya.

Sekitar 15 orang tim inti memasuki ruang pendaftaran dan mengikuti proses pendaftaran sembari KPU Bali memeriksa kelengkapan berkas.

Lidartawan mengatakan setelah sekitar satu jam pemeriksaan berkas, pasangan Wayan Koster-Giri Prasta dinyatakan lolos tahapan ini karena syarat pencalonan mereka ada, lengkap, dan sah, juga syarat calon mereka ada dan lengkap.

“Kami sudah punya helpdesk itu membantu, mulai dari kemarin mereka sudah cek bahkan tadi malam sampai jam 1 saya di kantor mereka masih diskusi soal persyaratan yang harus diserahkan, jadi tidak perlu lagi lama-lama,” ujarnya.

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, KPU Bali menyerahkan tanda terima dan surat pengantar pemeriksaan kesehatan ke RSUD Bali Mandara.

Penyelenggara kemudian memberi kesempatan pasangan Wayan Koster-Giri Prasta memberi keterangan pers dan menyapa iringannya.

KPU Bali mengapresiasi kehadiran ribuan pendukung yang dapat menjaga kondusitifas ini, menurut Lidartawan ini bukti bahwa Pilkada Serentak 2024 ini menyenangkan.

“Saya sudah kontak aparat keamanan dan tim mereka ke sini santai-santai saja, walaupun banyak tapi tidak rusuh, ternyata pemilu itu menyenangkan, bisa melihat atraksi budaya, banyak kreativitas anak muda, bagus lah,” kata dia.

Sejauh ini untuk Pilkada Bali, Lidartawan menerima pengajuan pendaftaran oleh dua pasangan calon, dimana rencananya setelah calon PDI Perjuangan akan segera tiba pendaftar yang diusung Partai Gerindra siang nanti.


Baca juga: Wayan Koster-Giri Prasta resmi diusung PDI Perjuangan untuk Pilkada Bali

Baca juga: KPU Bali terima jadwal pendaftaran pasangan Koster - Giri

Baca juga: Koster-Giri targetkan 70 persen raihan suara dalam Pilkada Bali

Baca juga: PDIP Bali raih dukungan dari 8 partai non parlemen

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024