Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat membagikan 1.600 bendera merah putih kepada kalangan masyarakat di Kota Singaraja serangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.
 
"Sebelumnya kami telah melaksanakan penggalangan bantuan dan sumbangan bendera merah putih dari masyarakat di Kabupaten Buleleng," kata Kepala Kesbangpol Buleleng Komang Kappa Tri Aryandono di Singaraja, Jumat.
 
Ia mengatakan, kegiatan yang dimulai sejak 1 Juni ini telah berhasil membagikan lebih dari 10.000 bendera kepada perangkat daerah, menghiasi fasilitas umum, dan masyarakat.
 
Menurut dia, program pembagian bendera merah putih dilaksanakan sesuai dengan edaran pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri sebagai paya mengajak semangat masyarakat untuk cinta terhadap tanah air.
 
Kappa lebih jauh mengungkapkan, terkait fokus pembagian telah difokuskan di Taman Kota Singaraja dengan melibatkan berbagai organisasi kemasyarakatan dan anggota Paskibraka Buleleng.
 
"Di Taman Kota, sebanyak 1.600 bendera ukuran kecil dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang melintas di seputaran jalan depan Air Mancur Taman Kota Singaraja," kata dia.

Baca juga: Kemendikbudristek bersama penyelam kibarkan Merah Putih di bawah laut Desa Tulamben
 
Secara spesifik, kata Kappa, tujuan kegiatan juga adalah untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan mengenalkan berbagai organisasi kemasyarakatan kepada masyarakat luas.
 
“Kami berharap dengan kegiatan ini, semangat nasionalisme masyarakat semakin tumbuh. Masyarakat terdorong untuk mengingat jasa para pahlawan dan menghormatinya dengan cara yang sederhana, yaitu memasang bendera Merah Putih di rumah dan tempat usaha,” ujarnya.
 
Pihaknya juga mencatat sebanyak 10.078 bendera telah berhasil dibagikan kepada masyarakat dari sumbangsih instansi vertikal, ormas dan masyarakat dibandingkan tahun lalu yang hanya mampu mengumpulkan 5.800 bendera.
 
"Peningkatan jumlah ini tentu menunjukkan semakin tingginya kesadaran masyarakat akan pentingnya nilai-nilai nasionalisme dalam menyambut HUT RI," pungkasnya.

Baca juga: Pemkab Buleleng bagikan 5.800 bendera merah putih rayakan HUT ke-78 RI

Pewarta: IMBA Purnomo/Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024