Panglima Komando Daerah Militer IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Bambang Trisnohadi menyatakan program Dapur Sehat Kementerian Pertahanan Republik Indonesia membantu mewujudkan generasi emas Indonesia.
 
Keseriusan Pangdam IX/Udayana dalam menyukseskan Program Dapur Sehat, diwujudkan dengan peninjauan langsung pembangunan Dapur Sehat di wilayah Kodim 1623/Karangasem berlokasi di Banjar Ramie Saba, Lingkungan Desa Adat Jasri Kelod, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, Bali, Jumat.
 
Kodam IX/Udayana berkomitmen untuk mendukung penuh program Dapur Sehat dari Kemhan RI untuk membantu penyediaan sarana perbaikan gizi anak-anak Indonesia.
 
Pangdam menginstruksikan jajaran Kodim untuk benar-benar memberikan atensi mendukung hasil peninjauan Tim Badan Gizi Nasional (BGN) dari Kemenhan RI.
 
Pangdam juga mengapresiasi upaya yang dilakukan Kodim 1623/Karangasem untuk mendukung program pemerintah dalam pemenuhan asupan gizi yang cukup kepada generasi penerus bangsa.
 
Selain itu, program ini diharapkan akan berdampak pada peningkatan perekonomian daerah, sebab bahan baku makanan sehat nantinya akan dibeli dari masyarakat setempat.

Baca juga: Pangdam Udayana perintahkan seluruh Kodim siapkan dapur sehat murid
 
“Ini menjadi perhatian khusus kita, karena di Kodam Udayana wilayah Bali-Nusra prioritas pertama baru di wilayah Kabupaten Karangasem. Dandim supaya mengawal dan mengawasi pembangunan ini, sebelum akhir Agustus diharapkan proses sudah selesai dan bisa beroperasi karena Karangasem ini merupakan proyek percontohan," ujar Trisnohadi.
 
Pangdam berharap proyek pengerjaan Dapur Sehat itu berjalan dengan lancar.
 
"Mari kita kawal bersama dan semua pihak diharapkan mendukung pembangunan dapur sehat agar selesai tepat waktu," katanya.
 
Progres pengerjaan Dapur Sehat saat ini mencapai 35 persen. Itu merupakan pembangunan perdana di wilayah Kodim 1623/Karangasem.
 
Bangunannya di atas lahan seluas 2.450 meter persegi dengan luas dapur sehat 400 meter persegi.

Baca juga: Pangdam Udayana dan Bupati Buleleng lakukan panen cabai di Singaraja
 
Proses pengerjaannya masih dalam tahap pemasangan dinding tembok batako, pengecoran tiang, dilanjutkan pembangunan pos jaga, perataan lahan sekitar bangunan serta pemasangan pipa saluran limbah.
 
Secara terpisah, terkait pembangunan Dapur Sehat tersebut, Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf Agung Udayana mengatakan setiap harinya dilibatkan personel TNI dari Kodim1623/ Karangasem sebagai wujud dukungan serius pembangunan Dapur Sehat atau Unit Pelayanan Makanan Bergizi tersebut.
 
"Pembangunan Dapur Sehat ini akan digelar secara bertahap di seluruh Indonesia. Kemudian dalam pelaksanaannya akan melibatkan Kodim-Kodim di seluruh Indonesia, agar distribusi makanan bergizi khususnya anak-anak sekolah di daerah tersebut nantinya dapat berjalan lancar," kata Kapendam.
 
Kapendam menambahkan dengan adanya Dapur Sehat Program Kemenhan RI ini, generasi muda nantinya akan lebih meningkat kesehatan dan gizinya.
 
Asupan gizi yang baik akan berdampak pada kecerdasan intelektual maupun kondisi fisik yang baik. Hal ini akan menciptakan generasi penerus yang hebat menuju Indonesia Emas 2045.

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024