Dinas Kebudayaan (Disbud) Bali menerapkan aturan baru dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024, yaitu seniman yang tampil wajib mengelola sampah masing-masing.

Kepala Disbud Bali I Gede Arya Sugiartha di Denpasar, Jumat, mengatakan aturan ini berisi arahan mewajibkan seniman membawa pulang sampahnya sendiri, sehingga tidak ada lagi sampah tercecer di area pengisi acara dan mengurangi beban petugas.

“Soal sampah tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, kami imbauannya cukup gencar terutama kepada seniman wajib tanda tangan pakta integritas, sampah yang dihasilkan dibawa pulang, dikumpulkan, atau dikelola,” kata dia.

Dalam PKB 2024 terdapat 13.515 seniman yang berpartisipasi, di mana proses tanda tangan pakta integritas akan diwakili ketua seka atau kelompok seni ketika hendak tampil.

“Tanda tangan ke ketua sekanya jadi 275 orang, setiap mereka pentas begitu datang tandatangan, itu sudah saya tandatangani lebih dahulu,” ujar Arya.

Disbud Bali mengatakan akan mengawasi aturan baru ini, apabila terdapat seniman yang melanggar akan diberi teguran agar membawa pulang sampahnya.

Arya mengatakan pengelolaan sampah menjadi salah satu persoalan di Pesta Kesenian Bali tahun-tahun sebelumnya, sehingga aturan baru ini diperketat.

Bahkan, tidak hanya seniman, Disbud Bali melihat selama ini penghasil sampah adalah UMKM kuliner dan pasar malam yang terletak di Banjar Kedaton, salah satu akses masuk ke Taman Budaya lokasi PKB.

Untuk itu mereka tak ingin kecolongan dengan turut mewajibkan UMKM kuliner melakukan perjanjian pengelolaan sampah, dan untuk pengunjung yang masuk melalui pintu Banjar Kedaton akan dipantau petugas.

“Di pintu masuk kami pasang pos satpam, dulu tidak ada, jadi kalau ada orang bawa makanan kita arahkan persuasif tapi bukan melarang,” kata dia.

Ia mengatakan kerap kali pengunjung yang membawa makanan duduk di sekitaran area Pesta Kesenian Bali sambil berbincang-bincang, namun akhirnya pulang meninggalkan kemasan sisa makanan, sehingga tahun ini mereka tegas mengawasi agar seluruh pengunjung bertanggung jawab.

Disbud Bali juga menyampaikan mereka telah menyediakan tempat sampah di sepanjang area, sehingga pengunjung dapat memanfaatkannya.

PKB 2024 berlangsung 15 Juni-13 Juli 2024 mengusung tema "Jana Kerthi Paramaguna Wikrama" yang berarti harkat martabat manusia unggul.



Baca juga: Sanggar Tari Wredhi Kumara Jaya Badung tampil memukau pada Pesta Kesenian Bali

Baca juga: Duta kesenian Badung tampilkan berbagai kreativitas seni di PKB 2024

Baca juga: Menteri AHY terkesan pengalaman pertama saksikan Pesta Kesenian Bali

Baca juga: Wamenparekraf sebut Pesta Kesenian Bali jadi ajang promosi pariwisata

Baca juga: Menteri AHY wakili Presiden Jokowi buka Pesta Kesenian Bali tahun 2024

Baca juga: Pesta Kesenian Bali Kabupaten Badung lestarikan kekayaan budaya Bali

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024