Sebanyak 742 calon siswa (casis) Bintara Polri Panitia Daerah (Panda) Bali menjalani tes kesiapsiagaan  (kesamaptaan) jasmani di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Praja Raksaka, Denpasar, Bali, Rabu.
 
Tes kesamaptaan jasmani Bintara Polri dilaksanakan selama empat hari terhitung sejak 9 Juni-12 Juni 2024.
 
Kepala Biro SDM Polda Bali Komisaris Besar Polisi Tri Bisono Soemiharso mengatakan ratusan calon siswa Bintara Polri yang terdiri dari Bintara PTU, (Bintara Kompetensi Khusus (Bakomsus) dan Bintara Rekrutmen Proaktif (Rekpro) itu adalah para peserta yang berhak mengikuti tes kesamaptaan jasmani setelah melewati tes kesehatan tahap II beberapa waktu lalu.
 
“Untuk kesamaptaan A, peserta harus lari selama 12 menit, sedangkan kesamaptaan B terdiri dari pull up, push up, sit up, shuttle run dan renang sejauh 25 meter. Selain itu, peserta juga akan mengikuti tes anthropometri," kata Tri.

Baca juga: Polda Bali ungkap sindikat penipuan online jual HP murah
 
Tri Bisono menjelaskan tes ini adalah salah satu bagian dari tes penerimaan penerimaan Polri terpadu, dimana peserta harus melewati tahapan seleksi, dan salah satunya adalah kesamaptaan jasmani.
 
Sebagai Ketua Pelaksana Panitia Daerah Bali, dirinya berpesan kepada panitia agar dalam kegiatan seleksi tersebut dilaksanakan dengan sebaik-baiknya tanpa ada pilih kasih, dan untuk para peserta seleksi diharapkan dapat memberikan kemampuan terbaik untuk dapat menghasilkan nilai yang maksimal.
 
“Penerimaan polisi dilaksanakan dengan prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis). Oleh karenanya, peserta harus percaya dengan diri sendiri dan tetap semangat agar cita-cita menjadi seorang anggota Polri bisa terwujud,” kata dia.
 
Perwira melati tiga dipundak ini menjelaskan, sebagai bukti transparansi dalam rekrutmen ini, panitia langsung mengumumkan nilai jasmani usai para peserta melaksanakan seluruh item tes.
 
“Hari ini adalah hari terakhir untuk tes jasmani calon Bintara Polri. Sedangkan besok adalah tes jasmani untuk calon Tamtama Polri,” imbuhnya.

Baca juga: Gudang gas LPG meledak di Denpasar pernah digerebek polisi

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024