Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya mengatakan Pekan Olahraga Pelajar (Porjar) Bali 2024 menjadi wadah untuk menyeleksi atlet berprestasi yang nantinya dapat mewakili provinsi ke tingkat lebih tinggi.

“Diharapkan adik-adik yang tampil ini kan di tingkat kabupaten sudah diseleksi secara berjenjang, jadi yang terbaik nanti akan dipilih mewakili provinsi ke nasional,” kata dia di Denpasar, Senin.

Sang Made dalam pembukaan Porjar Bali 2024 mengatakan targetnya agar para atlet pelajar ini bisa meraih prestasi dan berkiprah hingga di luar Bali.

Pemprov Bali kemudian menjadikan ajang tahunan ini untuk mengejar sistem pengelolaan olahraga prestasi, untuk mengukur kemampuan, dan mengukir prestasi atlet pelajar.

“Penyelenggaraan Porjar Bali 2024 merupakan rangkaian dari pembinaan dan pelatihan yang berjenjang dan berkelanjutan dari pekan olahraga pelajar yang telah dilaksanakan di sembilan kabupaten/kota di Bali," ujar Pj Gubernur Bali.

Ia berharap lahir atlet pelajar dan bibit unggul olahragawan yang dibutuhkan daerah, namun selama berkompetisi tetap menjunjung tinggi sportivitas dan kejujuran.

Ketua Panitia Porjar Bali 2024 I Made Dana Tenaya menambahkan, dalam ajang yang diselenggarakan 3-8 Juni ini terdapat delapan cabang olahraga resmi, 13 cabang olahraga gotong royong, sembilan cabang olahraga gotong royong murni, dan 10 cabang olahraga eksibisi yang dipertandingkan.

Seluruh pertandingan disebar di tiga wilayah yaitu lima lokasi di Kabupaten Badung, satu lokasi di Kabupaten Klungkung, dan 32 lokasi di Kota Denpasar.

"Peserta Porjar Provinsi Bali Tahun 2024 ini diikuti oleh 8.087 orang, yang terdiri dari 7.050 atlet, 603 pelatih, dan 434 ofisial,” sebutnya.*

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024