Penjabat (Pj) Bupati Gianyar, Bali I Dewa Tagel Wirasa meluncurkan program jaminan perlindungan kepada 4.417 pekerja rentan desa di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar.

"Sebanyak 4.417 pekerja rentan yang kepesertaannya dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun 2024," kata Bupati Gianyar dalam siaran pers yang diterima di Gianyar, Jumat.

Acara peluncuran dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Gianyar I Dewa Gede Alit Mudiarta dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Gianyar.

Pada acara ini juga diserahkan bantuan kepada ahli waris pekerja rentan desa, di antaranya di Desa Buruan, Desa Bakbakan, Desa Buahan, Desa Suwat, Desa Tegal Tugu, dan Desa Singapadu Tengah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gianyar Dewa Ngakan Ngurah Adi mengatakan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan memberikan kepastian perlindungan bagi pekerja informal yang berada di desa.

Pemerintah desa wajib mengalokasikan dana untuk iuran selama enam bulan yang sumber pendanaan diambil dari bagi hasil pajak (BHP). “Kegiatan ini juga telah dilaksanakan pada Oktober 2023,” ujarnya.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gianyar Pandu Aria menambahkan mengangkat harkat keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia tidak sebatas memberikan kebijakan saja, tetapi membutuhkan terobosan strategi yang mampu menciptakan langkah-langkah kreatif, edukatif dan edutainment.

Program satu desa 100 pekerja rentan yang dilindungi berinisiatif memberikan nilai tambah, yaitu memberikan jaminan keamanan dalam beraktivitas melaksanakan pekerjaannya tanpa ada kekhawatiran akan tidak ada biaya ketika terjadi musibah atau kecelakaan kerja.
 
“Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Kepala Dinas PMD, Peraturan Bupati dan Surat Keputusan Bupati kepada 64 desa di Kabupaten Gianyar menjadi pedoman para perbekel (kepala desa) dalam melaksanakan kebijakan memberikan perlindungan kepada pekerja rentan yang ada di desa,” ujar dia.
 


 

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024