Pramuka Kwarcab Kabupaten Badung, Bali, menerjunkan anggotanya untuk membantu kelancaran arus mudik lebaran di wilayah tersebut melalui kegiatan Karya Bakti Lebaran 2024.
 
“Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka perihal Karya Bakti Pramuka pada Hari Raya Idul Fitri Tahun 2024 M/1445 H dengan tujuan untuk memberikan layanan, panduan dan bantuan kepada masyarakat saat melaksanakan mudik lebaran khususnya di Badung,” ujar Wakil Kepala Bidang Abdimas dan Informatika Pramuka Kwarcab Badung I Gede Wirawan di Mangupura, Jumat.
 
Ia mengatakan bahwa pada kegiatan itu anggota Pramuka yang bertugas akan melaksanakan sejumlah tugas di berbagai titik seperti memberikan bantuan informasi dan kelancaran arus mudik bagi pengguna kendaraan roda empat atau roda dua, pembagian masker membagikan takjil gratis dan lain sebagainya.
 
“Kegiatan itu akan kami laksanakan di sejumlah tempat yang sudah ditetapkan sebelumnya yakni Posko Terminal Tipe A Mengwi, Posko Sempidi, Posko Pantai Kuta, tempat ibadah, objek wisata, dan lokasi pembagian bantuan sosial sembako,” kata dia.
 
Gede Wirawan menjelaskan kegiatan Karya Bakti Lebaran 2024 Kwarcab Badung itu dilakukan sebagai wujud satya dan darma Pramuka di ajang pendidikan kepramukaan.
 
Selain itu, juga sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan kepekaan dan kepedulian sosial para anggota muda dan anggota dewasa gerakan Pramuka terhadap masyarakat, bangsa, dan negara.
 
“Nantinya pada kegiatan ini juga akan diikuti oleh para andalan Pramuka, pembina gugus depan, adik-adik penegak, pandega, dan 100 sukarelawan pada tanggal 3-17 April 2024 dengan mengikutsertakan gerakan Pramuka di masing-masing wilayah Kabupaten Badung,” kata dia.
 
Ia menambahkan, anggota pramuka yang bertugas pada kegiatan Karya Bakti Lebaran 2024 itu juga akan mendapatkan piagam penghargaan Tanda Ikut Serta Gotong Royong (TIGOR) kepada adik-adik yang aktif dan Tanda Penghargaan untuk Orang Dewasa (TPOD).
 
“Hal itu diberikan agar anggota Pramuka ini nantinya dapat lebih termotivasi,” ujar I Gede Wirawan.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf/Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024