PT Songgolangit Persada (SLP), agen tunggal di Indonesia yang memproduksi dan pemasaran Effective Microorganisms 4 (EM4) Pertanian, EM4 Peternakan, EM4 Perikanan dan EM4 Pengolahan Limbah yang mendapat lisensi dari EMRO Jepang menambah produk baru yakni EM4 Toilet, Bakteri Efektif Pengurai Tinja dan Limbah Organik.

"Produk EM4 Toilet mengandung bakteri efektif pengurai tinja dan limbah organik, hasil inovasi Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr yang diproduksi dan dipasarkan oleh PT. Songgolangit Persada," kata Kepala Pemasaran PT SLP Cabang Bali Irkham Rosidi dalam keterangan tertulisnya di Denpasar, Sabtu.

Ia mengatakan, produk yang telah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan RI ini lebih menekankan ke konsumen di tingkat rumah tangga untuk menjaga dan memelihara kebersihan peturasan (WC).

EM4 adalah kultur campuran dari berbagai microorganisme efektif/bakteri positif seperti lactobacillus sp, Sacharomyces sp. dan bakteri positif lainnya. Produk ini sangat efektif digunakan untuk toilet, menghilangkan bau tidak sedap pada saluran air, got dan septic tank.

Manfaat EM4 Toilet yakni mengurai tinja dan limbah organik, menekan bau yang tidak sedap/bau amoniak pada limbah padat, cair dan drainase atau got (saluran air). Mengatasi WC mampet dan mempercepat penguraian limbah organik di dalam bak penampungan (septic tank).

Terkait aturan pakai EM4 toilet sebagai berikut yakni pemakaian pertama, tuangkan langsung EM4 Bakteri Efektif Pengurai Tinja sebanyak satu liter ke setiap kloset lalu siramkan dengan air. Untuk perawatan, tuangkan EM4 bakteri Efektif Pengurai Tinja sebanyak 500 ml ke kloset lalu siramkan dengan air.

Ulangi pemakaian secara rutin EM4 Bakteri Efektif Pengurai Tinja setiap 2-4 minggu dan untuk mengatasi WC mampet larutkan dua liter EM4 Bakteri Efektif Pengurai Tinja ke kloset kemudian diamkan 24 jam, setelah itu siram dengan air.

Tak panik lagi

Masalah toilet  atau WC yang mampet akan membuat perasaan panik bagi seluruh anggota keluarga karena  kotoran yang tidak berhasil terbuang ke dalam septic tank serta menimbulkan bau tidak sedap, sehingga mengganggu kebersihan dan kenyamanan rumah tangga.

Jika masalah tersebut terjadi, solusi akhir tentu harus mendatangkan jasa sedot WC untuk mengatasi permasalahan tersebut yang biayanya tidak murah. Menggunakan jasa sedot WC juga tidak gampang, karena lokasi rumah yang padat, sulit dijangkau dan harganya yang tidak murah.

"Kini bila mengalami masalah WC mampet dan septic tank cepat penuh tidak perlu panik lagi, karena sudah terdapat produk EM4 Toilet yang mengandung bakteri efektif pengurai tinja dan limbah organik. Mikroorganisme tersebut efektif mengurai tinja, limbah padat, lemak, minyak-minyak, serat dan lain sebagainya," ujar Irkham Rosidi.

EM4 Toilet juga ampuh dalam mengatasi bau WC yang menguap dari kloset dan saluran pembuangan akibat dari kurangnya microorganisme pengurai kotoran sehingga penguraian jadi lambat.

EM4 Toilet sangat dianjurkan dalam setiap kali pemasangan septic tank baru sehingga menghasilkan microorganisme yang membantu proses penguraian kotoran dari awal pemasangan septic tank.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2024