Tokoh masyarakat dan warga Kota Denpasar peserta program pengelolaan penyakit kronis (prolanis) Klinik Anugerah Denpasar, Bali, mengharapkan Rumah Sakit Umum Bakti Rahayu dapat kembali bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk meningkatkan layanan pada masyarakat.

"Kami berharap mulai 2024 bisa kembali bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Ya tolong dibantu, untuk meningkatkan pelayanan kepada kelompok prolanis dan masyarakat," kata Perbekel Desa Dangin Puri Kaja Anak Agung Gde Cahyadi di Denpasar, Minggu.

Cahyadi juga mengapresiasi keberadaan Prolanis Klinik Anugerah dan Klinik Anugerah Denpasar yang telah membantu dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada warganya.

"Saya minta Klinik Anugerah bisa meningkatkan mutu pelayanan serta memberikan motivasi yang baik khususnya kepada peserta Prolanis. Semoga dengan HUT yang pertama ini, kebersamaan dan kekompakan kita terus memberikan motivasi," ucapnya dalam perayaan ulang tahun pertama kelompok Prolanis Klinik Anugerah Denpasar ini.

Pihaknya berterima kasih kepada Klinik Anugerah karena telah membentuk Prolanis yang berada di wilayahnya. "Luar biasa sekali, kegiatan ini sangat positif bagi kami, dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada para lansia yang ada di desa kami," ucapnya.

Oleh karena itu, untuk lebih memantapkan pelayanan kepada masyarakat, pihaknya berharap kerja sama dengan BPJS Kesehatan juga kembali terjalin.

Yutri, perwakilan BPJS Cabang Denpasar dalam sambutan mengatakan sejak awal peserta prolanis sangat aktif. "Selanjutnya kami harapkan tetap aktif karena prolanis merupakan salah satu program BPJS Kesehatan. Ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan khususnya bagi penderita penyakit diabetes dan hipertensi," kata Yutri.

Merespon permintaan Perbekel Desa Dangin Puri Kaja agar BPJS Kesehatan kembali bekerja sama dengan RS Bhakti Rahayu, Yutri mengatakan hingga saat ini masih dalam proses administrasi, dan menunggu dari keputusan BPJS Kesehatan pusat.

Wakil Direktur Utama PT Bhakti Rahayu Grup, dr Maria Wahyu Daruki menyampaikan keberadaan Prolanis Klinik Anugerah Denpasar bukan hanya untuk menjalankan amanat BPJS Kesehatan.

Tetapi juga untuk meningkatkan kualitas kesehatan peserta prolanis untuk mengendalikan penyakit-penyakit kronis seperti hipertensi, dan kencing manis.

Ia menambahkan kegiatan prolanis sendiri rutin diadakan setiap bulan seperti senam bersama, permainan atau hiburan-hiburan yang bertujuan meningkatkan kekompakan, kesehatan, serta meningkatkan kualitas hidup prolanis yang lebih baik.

Pengurus Yayasan Sayangi Bali dr Dewa Ayu Lisnangrum mengatakan prolanis sangat bagus, antusias peserta juga bagus, dan acara prolanis juga diadakan secara rutin sehingga pada momen-momen tertentu pihaknya memberikan pembagian sembako gratis.

Dalam kegiatan tersebut juga digelar pemeriksaan kesehatan, pelantikan ketua dan wakil ketua dan pembagian hadiah serta senam sehat.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023