Pemerintah Kabupaten Tabanan, Bali meminta masyarakat untuk mewarisi semangat pahlawan dan gotong-royong dalam perjuangan membangun Indonesia khususnya Kabupaten Tabanan.

Peringatan hari pahlawan tingkat Kabupaten di Tabanan sendiri berlangsung di lapangan Wagimin Tabanan, Jumat (10/11) dengan mengusung tema “Semangat pahlawan untuk masa depan bangsa dalam memerangi kemiskinan dan kebodohan.”

Apel dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Tabanan Putu Gde Novyartha diikuti oleh Komandan Rindam IX/Udayana, Bupati dan jajaran Forkopimda, para kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, para kepala bagian di lingkungan Setda, Camat, Perbekel dan Bendesa Adat Se-Kabupaten Tabanan.

Pada peringatan hari pahlawan tersebut, selaku inspektur upacara Gde Novyartha menyampaikan amanat Menteri Sosial Tri Rismaharini bagaimana menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata dalam rupa kemiskinan ekstrem.

Gde Novyartha menjelaskan Indonesia merupakan pasar yang besar dan sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral.

“Tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara, ancaman dan tantangan ini akan ditaklukkan berbekal semangat yang sama seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945. Tidak mudah memang, tapi pasti bisa,” ujarnya.

Putu Gde Novyartha menambahkan, semangat yang berasal dari nilai perjuangan pahlawan bangsa di tahun 1945 seperti semangat menolak kalah dan menyerah pada keadaan mestinya juga menjadi spirit masyarakat masa kini.

Hal itu penting untuk perwujudan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur, serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa , mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Pada kesempatan yang sama, Sekda Tabanan I Gede Susila menyampaikan pesan kepada masyarakat Tabanan, untuk selalu semangat, gotong-royong dan tingkatkan kekompakan dalam membangun Tabanan.

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Tabanan, menyampaikan selamat hari pahlawan tahun 2023, kita panjatkan doa bagi para pahlawan yang telah gugur dalam membela bangsa Indonesia, dan mudah-mudahan peringatan ini menjadi penyemangat bagi kita untuk terus membangun bangsa terutama membangun Tabanan mewujudkan visi Tabanan era baru yang aman, unggul dan madani,” imbuhnya.

Pewarta: Pande Yudha

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023