Kotabaru (Antara Bali) - Pulau Sebuku yang luasnya 225,50 kilometer persegi berjarak sekitar empat mll utara Kotabaru, Kalimantan Selatan, akan dijadikan sentra ternak sapi bali.

Ketua Komisi II DPRD Kotabaru H Faruk Sahdan di Kotabaru, Senin, mengatakan, Pulau Sebuku dinilai cocok untuk dijadikan sentra ternak sapi bali. "Di daerah tersebut banyak areal terbuka bekas tambang yang sudah direklamasi oleh perusahaan," katanya.

Bekas tambang perusahaan yang sudah direklamasi tersebut, bisa ditanami rumput, sehingga dapat dijadikan lokasi penggembalaan sapi bali dan juga berpotensi untuk pembudidayaan ternak unggulan.

Menurut Faruk, kualitas daging sapi bali lebih padat dibandingkan dengan daging sapi biasa.  Terlebih perawatan sapi bali jauh lebih mudah, berbeda dengan sapi jenis lain yang pemeliharaannya harus lebih intensif.

Ia mengatakan, pertimbangan dipilihkanya Pulau Sebuku menjadi pusat peternakan sapi bali antara lain  mudah dikontrol dan jaraknya dengan Pulau Laut Kotabaru, lebih dekat dibandingkan dengan daerah lain. (LHS/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013