Kegiatan posyandu dapat menjadi wahana untuk membantu masyarakat, khususnya ibu hamil, balita, dan lansia, untuk mengetahui serta memastikan kondisi kesehatannya, kata Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Sagung Antari Jaya Negara.

"Kegiatan ini diharapkan mampu membantu ibu hamil dalam memenuhi kecukupan gizi anak saat masih dalam kandungan," kata dia saat menghadiri kegiatan Posyandu Paripurna Kelurahan Serangan di Denpasar, Bali, Selasa.

Selain itu, kata dia, kegiatan di posyandu dapat membantu masyarakat dalam pemenuhan gizi dan vitamin balita untuk tumbuh kembang, serta kemudahan akses layanan kesehatan bagi para lansia.

Kegiatan posyandu paripurna diawali dengan senam lansia yang dilanjutkan dengan penyerahan pemberian makanan tambahan (PMT) bagi ibu hamil, balita, dan lansia.

Pelaksanaan posyandu paripurna tersebut, juga dirangkai dengan penyaluran bantuan bagi ibu hamil, balita, dan para lansia. Hal itu sebagai wujud perhatian serius Pemerintah Kota Denpasar terhadap pelaksanaan posyandu.

Baca juga: Putri Koster minta kader PKK Bali kawal upaya sejahterakan keluarga

Lurah Serangan I Wayan Karma menyampaikan partisipasi para kader PKK dalam kegiatan ini sebagai upaya pelayanan kesehatan masyarakat.

Melalui posyandu diharapkan dapat berperan penting terhadap penurunan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Dengan demikian, kegiatan posyandu ini dapat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan anak dan ibu di tingkat masyarakat.

"Melalui pelayanan kesehatan yang terpadu dan edukasi yang disediakan, posyandu membantu masyarakat untuk mengadopsi praktik kesehatan yang baik dan mengurangi angka kematian anak serta penyakit yang dapat dicegah," ujarnya.

Dalam kegiatan posyandu paripurna tersebut, Sagung Antari Jaya Negara juga didampingi Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Denpasar Ayu Kristi Arya Wibawa.

Baca juga: PKK Bangli buat aksi sosial menyapa dan berbagi

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023