Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bali menilai kepemimpinan Gubernur Wayan Koster dan Wagub Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) selama lima tahun sangat gigih, ulet, dan tak lelah memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Bali.

"Kegigihan dan keuletan yang tanpa lelah memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Bali, sungguh-sungguh kami rasakan," kata Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama di Denpasar, Senin.

Adi Wiryatama menyampaikan apresiasi terhadap kerja Gubernur dan Wakil Gubernur Bali tersebut dalam Rapat Paripurna Istimewa Perpisahan Gubernur Bali Wayan Koster dan Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati yang habis masa jabatannya pada 5 September 2023.

Menurut dia, berbagai terobosan dan inovasi pembangunan telah dilaksanakan Koster-Ace selama lima tahun memimpin Bali, diantaranya pembangunan infrastruktur Kawasan Suci Besakih, Pusat Kebudayaan Bali, shortcut Singaraja-Mengwi, Turyapada Tower, Pelabuhan Sanur-Sampalan-Bias Munjul, Tol Jagat Kerthi, dan pembangunan bendungan.

Selain sejumlah pembangunan infrastruktur lainnya, juga jaminan sosial bagi prajuru (pengurus) desa adat, rohaniawan, kemudian pembangunan SMA/SMK dan program pendidikan lainnya.

Baca juga: Wayan Koster ungkap kerja sama lima tahun dengan DPRD Bali berjalan baik

"Berbagai peraturan gubernur juga telah dilahirkan. Yang paling membanggakan adalah UU Nomor 15 Tahun 2023 tentang Provinsi Bali yang memungkinkan kita melakukan lebih banyak inovasi untuk mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat Bali," ucap mantan Bupati Tabanan tersebut.

Bahkan yang terakhir, tujuh perda telah berhasil diselesaikan hanya dalam waktu 12 hari. Adi Wiryatama juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh anggota DPRD Bali yang selama bermitra dengan Gubernur dan Wagub Bali tidak ada hal-hal yang menghambat.

Apresiasi juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Provinsi Bali I Nyoman Sugawa Korry yang mengatakan dilihat dari berbagai indikator pembangunan, kepemimpinan Koster-Cok Ace dipandang telah berhasil.

"Terhadap berbagai kekurangan yang masih ada mari kita sempurnakan bersama," ucapnya.

Demikian pula dengan taman indah demokrasi yang selama ini DPRD Bali diisi dari berbagai fraksi dengan berbeda bendera parpol diharapkan dapat terus dijaga bersama untuk Bali yang tercinta.

Baca juga: Gubernur Bali Wayan Koster raih penghargaan MKK atas capaian stunting terendah

Pandangan senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Bali I Nyoman Suyasa dan Tjokorda Gede Asmara Putra Sukawati yang mengapresiasi berbagai program kerja yang telah berhasil dilaksanakan oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Bali.

"Dari hal-hal yang kecil hingga besar dan punya ide yang besar untuk membangun Bali," ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan terima kasih atas dukungan DPRD Bali, Bupati/Wali Kota se-Bali, instansi vertikal di Provinsi Bali dan seluruh komponen masyarakat Bali yang kooperatif sehingga apa yang diniatkan bisa terealisasi dengan baik.

Demikian pula semua pembahasan kebijakan dan regulasi dengan DPRD Bali telah berjalan dengan lancar dan sukses serta tidak ada yang menghambat.

"Jarang-jarang terjadi seperti ini sehingga pembahasan menjadi sangat produktif dan bermanfaat bagi masyarakat sesuai tanggung jawab masing-masing," kata Koster.

Rapat Paripurna Perpisahan tersebut juga diisi dengan hiburan Tari Selat Segara dan lawak yang dibawakan grup Clekontong Mas serta lantunan lagu rohani yang dibawakan Ketua DPRD Bali Adi Wiryatama bersama Wakil Ketua DPRD Sugawa Korry dan Ketua Komisi IV DPRD Bali I Gusti Putu Budiarta.
 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023