Pemerintah Kota Denpasar, Bali, menyerahkan bantuan sosial pascabencana untuk 10 warga di kota setempat yang mengalami musibah kebakaran dan bencana alam pada Juni dan Agustus 2023.

Wali Kota Denpasar I Gusti Jaya Negara dalam acara penyerahan bantuan, di Denpasar, Senin menyampaikan, bantuan yang diserahkan ini sebagai dukungan pemerintah untuk dapat membantu meringankan beban dan memulihkan kondisi masyarakat.

"Dengan demikian, masyarakat kembali memiliki semangat untuk bangkit pascabencana atau musibah. Kami berharap bantuan ini dapat memberikan dukungan pemulihan kondisi setelah bencana, sehingga mampu meringankan beban masyarakat," ujarnya.

Bantuan sosial yang diserahkan tersebut sekaligus sebagai wujud nyata peran Pemerintah Kota Denpasar dalam meringankan beban masyarakat yang tertimpa musibah.

Bantuan diberikan kepada 10 orang penerima yang mengalami musibah kebakaran dan bencana alam pada Juni dan Agustus 2023 dengan nilai keseluruhan bantuan berjumlah Rp360 juta.

Baca juga: Tim Saber Pungli Denpasar sosialisasi antikorupsi sasar sekolah dan desa

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Denpasar Ida Bagus Joni Ariwibawa mengatakan, penyerahan bantuan ini masing-masing kepada korban yang mengalami bencana dari kebakaran dan bencana alam, termasuk pohon tumbang.

Bantuan bagi rumah tinggal pribadi maksimal Rp30 juta, fasilitas umum seperti pura dan balai banjar maksimal Rp100 juta.

"Pada hari ini diserahkan kepada 10 orang penerima bantuan sosial dari longsor pohon tumbang dan paling banyak korban kebakaran. Bantuan serupa sebelumnya juga telah diserahkan kepada warga korban bencana," ujarnya.

Bantuan yang diserahkan ini telah melalui berbagai tahapan, termasuk pengecekan lapangan oleh tim verifikasi bencana alam dan kebakaran di Kota Denpasar.

"Kami menyadari bantuan ini yang tentunya tidak banyak dapat membantu perbaikan secara keseluruhan dari musibah yang terjadi, namun demikian diharapkan sebagai stimulan dan wujud nyata dukungan pemerintah kepada masyarakat yang terkena bencana," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Denpasar gencarkan edukasi masyarakat dengan aksi bersih sungai

I Wayan Suarta Adhi yang mengalami musibah kebakaran mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Denpasar dan seluruh jajaran Pemkot Denpasar atas bantuan pascabencana bagi masyarakat yang terkena musibah kebakaran.

"Kami telah menerima bantuan melalui transfer rekening dan bantuan ini sangat membantu kami dalam perbaikan pura karena musibah kebakaran," ujarnya.

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023