Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan menyebut sebanyak 715 bakal calon anggota DPRD Bali pada Pemilu 2024 belum memenuhi syarat pada tahap verifikasi administrasi (vermin).

“Kita sudah dengan sangat teliti mencoba mengecek kelengkapan administrasi kandidat dan sudah kita sampaikan bahwa masih 715 bakal calon yang belum memenuhi syarat administrasi,” kata dia di Denpasar, Sabtu.

Dari total 795 pendaftar yang terdiri atas 480 laki-laki dan 315 perempuan itu, kata dia, hanya 80 orang yang sudah dinyatakan memenuhi syarat administrasi.

Sementara sisanya harus menjalani verifikasi administrasi perbaikan dengan waktu penyerahan perbaikan syarat 26 Juni sampai 9 Juli 2023 dan proses verifikasi administrasi perbaikan oleh KPU Bali mulai 10 Juli-6 Agustus 2023.

“Tentu ini tergantung lagi pada partai politik, mau yang ganda dipindahkan silakan dan boleh dilakukan di masa perbaikan, boleh mengganti (bakal calon), sedangkan menambah yang tidak boleh,” ujar Lidartawan.

Baca juga: KPU Bali tolak satu bakal calon anggota DPD tak penuhi syarat vermin

Ia menyampaikan umumnya yang membuat bakal calon belum memenuhi syarat adalah berkas-berkas yang tidak sesuai. 

Selain itu, papar dia, saat pendaftaran, KPU Bali memprediksi pendaftar terlalu terburu-buru dan bakal calon dari partai politik masih belum pasti.

“Sekarang sudah pasti, sistem pemilu terbuka, mungkin kemarin masih ragu-ragu menjadi calon karena kalau nomor urut besar tidak mau, inginnya nomor urut satu saja. Sekarang dengan sistem pemilu proporsional terbuka, maka nomor 200 asal dipilih tidak masalah,” kata dia.

Karena dinilai tak ada lagi kesulitan, ujarnya, KPU Bali meminta partai politik segera menyerahkan perbaikan persyaratan dan tidak menunggu hari-hari akhir batas pengumpulan.

Ia berharap agar narahubung partai politik lebih komunikatif dengan penyelenggara.  Penyerahan perbaikan persyaratan dilakukan mulai pukul 8.00 Wita-16.00 Wita. KPU Bali siap melayani 24 jam penuh jika ada yang konsultasi.

Baca juga: 26 orang dari beragam profesi ikuti seleksi anggota KPU Bali

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023