Nusa Dua (Antara Bali) - Pertemuan Tingkat Menteri Transportasi negara-negara kawasan Asia Tenggara (ASEAN) ke-18 sedang memantapkan tujuan bersama yakni "ASEAN Connectivity" atau Konektivitas tahun 2015.

"Target kita adalah ASEAN Connectivity 2012 sudah bisa diimplementasikan, ini sudah 2012 dan 2013 nanti kita akan sampai pada kesimpulan sudah harus terealisasi di lapangan," kata Menteri Perhubungan E.E Mangindaan, seusai membuka Pertemuan Tingkat Menteri Transportasi se-ASEAN di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Kamis.
     
Menurut dia ada beberapa perjanjian di antaranya perjanjian perhubungan udara yang sedang berjalan yang dilakukan Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Thailand yang sudah tak mengalami kendala.
     
"Sudah tidak ada masalah, tinggal teknis maskapai penerbangannya," katanya.
     
Dia mengatakan bahwa maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia sudah siap menjalankan konektivitas tersebut.
     
Sedangkan maskapai penerbangan lainnya seperti maskapai penerbangan swasta nasional juga diminta kesiapannya memenuhi program bersama itu.
     
Menurutnya kesiapan dari maskapai penerbangan juga untuk memenuhi tantangan bersama yakni kebijakan "open sky policy" atau kebijakan hubungan udara yang terbuka di kawasan ASEAN. (DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012