Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya menjalankan aktivitas pemerintahan sementara di Kantor Desa Pitra, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali, untuk memantau langsung penanganan masalah stunting yang ada di wilayah desa itu.

“Saya sudah 30 kali ngantor di desa-desa dari 133 desa yang ada di Tabanan. Tujuan dari kegiatan ini di antaranya untuk memantau jalannya program pemerintah di desa, serta turun langsung menyerap aspirasi masyarakat terkait penanganan stunting,“ ujar Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya di Singasana, Jumat.
 
Menurut Sanjaya, persoalan stunting adalah hal yang sangat serius untuk ditangani, termasuk di Desa Pitra, sehingga dia memerintahkan agar tim stunting berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa setempat untuk menangani masalah kesehatan anak ini secara serius.

Sanjaya juga mengatakan pihaknya memberikan perhatian terhadap masalah stunting sebagai upaya yang akan membentuk generasi muda yang unggul sesuai visi "Menuju Tabanan era baru yang aman, unggul dan madani (AUM)".

Menurut dia, dengan berkantor di desa-desa akan bisa lebih jelas melihat potensi yang ada di desa, salah satunya Desa Pitra yang memiliki potensi alam yang luar biasa, dengan mayoritas masyarakat bergerak pada sektor pertanian dan peternakan.

Saat berkantor di desa tersebut, Bupati Tabanan mengawali kegiatan dengan meresmikan jalan di Banjar Poh Gending ditandai dengan pemotongan pita, kemudian melakukan penanaman Tabebuya secara simbolis dan pelepasan pengiriman 80 ekor hewan babi ke Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Dharma Jaya di Jakarta.

Selanjutnya Sanjaya melihat kegiatan kuliner dari usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang merupakan badan usaha milik desa (Bumdes) di Kantor Desa Pitra, sekaligus meninjau pelayanan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, serta bertatap muka dengan masyarakat.

Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya juga berkesempatan menghadiri dan mengucapkan selamat atas perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Korem 163/Wira Satya yang dipusatkan di pelataran Taman Makam Pahlawan Pancaka Tirta, Tabanan, sekaligus memberikan kejutan berupa kue ulang tahun di perayaan HUT ke-62 Korem 163 tersebut.

“Ini idenya Pak Dandim, Pak Kapolres. Saya tadi malam jam 12 ditelpon, ini ada surprise buat jenderal kita datang ke Tabanan. Saya katakan siap mengucapkan selamat ulang tahun,” ujar Sanjaya.
 
Politisi asal Dauh Pala Tabanan tersebut mengungkapkan kebanggaan dan kebahagiaan atas kedatangan Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Choirul Anam, di Tabanan.
 
“Kami di Tabanan bersama jajaran Forkopimda sangat kompak sekali Pak, untuk membangun Tabanan era baru yang aman, unggul dan madani,” jar Sanjaya.

Sanjaya menyampaikan terima kasih atas sinergi yang telah terjalin baik selama ini dan ia berharap agar kebersamaan ini terus terjaga, khususnya dalam menjaga keamanan dan ketertiban bangsa dan negara menuju masyarakat yang sejahtera.

Sementara Danrem 163/Wira Satya Brigjen TNI Choirul Anam mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan pejabat Forkopimda Tabanan beserta jajarannya karena ini merupakan salah satu bentuk sinergi yang terpelihara dengan baik.

“Saya berharap ini tetap terjaga dan ditingkatkan agar tercipta situasi yang aman dan kondusif di wilayah Bali, khususnya di wilayah Kabupaten Tabanan,” ujar Choirul Anam.

Pada kesempatan itu Danrem 163/Wira Satya dan Bupati Sanjaya beserta jajaran melaksanakan tiup lilin bersama dilanjutkan potong kue oleh Danrem 163/Wira Satya. Kegiatan itu diakhiri dengan ramah tamah dan sesi foto bersama sebagai tanda kebersamaan.

Pewarta: Pandhe Yudha

Editor : Widodo Suyamto Jusuf


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2023