Mangupura (Antara Bali) - Bupati Badung Anak Agung Gde Agung mengambil sumpah 490 PNS setempat di Jaba Pura Lingga Bhuwana Pusat Pemerintahan Mangupraja Mandala, Mangupura, Mengwi.
     
"Sumpah mempunyai makna yang sangat sakral dan mendalam, yang bukan merupakan seremonial dan syarat administrative yang harus dilengkapi oleh seorang PNS, tetapi merupakan suatu wujud kesetiaan dan ketaatan terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 45, Negara, dan pemerintah," kata Bupati Gde Agung, Selasa.
     
Sebanyak 490 orang PNS tersebut terdiri dari 28 PNS golongan I, 362 orang Golongan II, 63 orang golongan III, dan golongan IV sebanyak 37 orang. Mereka diharapkan memberikan komitmen yang harus dilaksanakan yakni pengabdian setiap waktu kepada masyarakat dan bangsa.
     
Selain pengabdian, hal terpenting yang harus dilakukan PNS adalah memberikan teladan bagi masyarakat. "Citra PNS harus menjadi lebih baik, utamanya dalam hal disiplin dan profesionalisme. Setiap PNS harus mampu membangun disiplin diri dan karakteristik pribadi, komitmen sepenuh hati serta menumbuhkan daya kreatif, tekun, dan semangat," tegas Gde Agung.
     
Para abdi negara yang telah diangkat dan diambil sumpahnya itu diharapkan melaksanakan tugas sesuai dengan kemampuan dan keahlian melalui kecerdasan intelektual, emosional dan spiritual. "Laksanakan tugas dengan penuh hati dan layani masyarakat dengan hati," ucapnya.
    
Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Badung I Gede Oka Sukadana mengatakan bahwa pengambilan sumpah dilakukan secara bertahap, tahun 2012 mencapai 490 PNS. "Dengan dilaksanakannya kegiatan ini maka seluruh PNS kita telah seluruhnya disumpah," katanya. (DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012