Bupati Klungkung, Bali, I Nyoman Suwirta menyebutkan pentas seni bertajuk Bintang Pendidikan merupakan ajang istimewa bagi para guru dan siswa untuk menggali dan menunjukkan kreativitas masing-masing, serta menghadirkan wajah pendidikan yang unggul dan berkarakter.
 
"Pentas seni Bintang Pendidikan juga diselenggarakan sebagai tempat menginformasikan kepada masyarakat bahwa Klungkung memiliki guru dan siswa-siswi berprestasi," kata Bupati Nyoman Suwirta saat menghadiri puncak perayaan HUT PGRI ke-77 dan Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022 di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Rabu.
 
Bupati Suwirta mengharapkan para guru di Kabupaten Klungkung mengisi diri dengan berbagai keterampilan, siap mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi di dunia pendidikan, memiliki pola pikir luas, dan kompleks untuk menghasilkan generasi Klungkung yang hebat.
 
Dengan dedikasi yang tinggi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan, para guru mendukung kerja Pemerintah Kabupaten Klungkung dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Bupati Suwirta sangat mengapresiasi sekolah-sekolah di Klungkung yang sudah dapat memproduksi pupuk organik secara mandiri mendukung program pemerintah tentang pertanian organik dan pengolahan sampah berbasis sumber.

Baca juga: Bupati Klungkung: jauhkan rokok dari remaja
 
Sementara itu, Ketua PGRI Kabupaten Klungkung Dewa Gde Darmawan menyampaikan bahwa kegiatan Pentas Bintang Pendidikan diselenggarakan dengan konsep kolaborasi antara ide Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dengan platform merdeka belajar yang terdiri atas tiga pentas yakni, pentas produk, pentas peran dan pentas narasi.
 
Lebih lanjut, Dewa Gde Darmawan menyampaikan dengan terselenggaranya Pentas Bintang Pendidikan diharapkan dapat dijadikan agenda tahunan PGRI dan menjadi tempat untuk berkreasi bagi guru dan siswa di Kabupaten Klungkung.
 
“Melalui kegiatan pentas bintang pendidikan diharapkan dapat terbentuk semacam komunitas pendidikan Kabupaten Klungkung,” kata Dewa Gde Darmawan.
 
Di sisi lain, Ketua Panitia I Nyoman Karyawan, dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan HUT PGRI dan HGN Tahun 2022 adalah membangun solidaritas para guru dan meningkatkan peran dan fungsi PGRI sebagai salah satu komunitas guru terbesar di Indonesia, serta meningkatkan kreativitas, profesionalisme dan dedikasi guru dalam mendampingi anak didik menuju Indonesia emas tahun 2045.
 
Nyoman Karyawan menambahkan bahwa pada perayaan HUT PGRI dan HGN diadakan beberapa kegiatan diantaranya jalan sehat, tari pendet massal, pentas bintang pendidikan, pameran pendidikan, dan juga berbagai lomba diantaranya lomba aksi nyata video pembelajaran, lomba karya tulis best practice, lomba modul project penguatan profil pelajar Pancasila (P5), modul ajar yang diikuti oleh peserta dari jenjang PAUD/TK sampai Jenjang SMA/SMK/ SMA/SLB, dan lomba memasak non beras.

Baca juga: Karangasem-Klungkung-Bangli-Buleleng jalin kerjasama tangani kebakaran
 
Pada acara puncak sekaligus penutupan, Bupati I Nyoman Suwirta didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada kepala sekolah dan guru purna bakti, guru penggerak angkatan III, pengajar praktik dan fasilitator angkatan III dan VII, sekolah penggerak, guru berprestasi tahun 2022, siswa berprestasi tahun 2022 dan pemenang lomba pada perayaan HUT PGRI ke-77 dan Hari Guru Nasional tahun 2022.

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022