Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bali Inspektur Jenderal Putu Jayan Danu Putra memantau langsung pengamanan di area Taman Hutan Raya (Tahura), Ngurah Rai, Denpasar, Rabu dalam rangka kunjungan para kepala negara dan delegasi KTT G20.
 
Sebagai Kasatgas Pengamanan Wilayah Bali, Kapolda Bali Polisi Putu Jayan Danu Putra didampingi Wakapolda Bali Brigadir Jenderal Ketut Suardana turun langsung di lapangan guna memastikan pengamanan yang dilaksanakan oleh anggota yang bertugas di daerah itu berjalan stabil.
 
Putu Jayan mengatakan pengamanan hari puncak KTT G20, selain menyiapkan anggota yang bertugas untuk melaksanakan pengawalan, Polda Bali juga menurunkan anggota di sepanjang jalur yang dilewati oleh para presiden dan delegasi, termasuk setiap persimpangan jalan juga ditempatkan anggota TNI-Polri untuk memastikan tak ada penumpukan kendaraan ataupun permasalahan lalu lintas lainnya.
 
"Selain menerjunkan anggota yang bertugas di sepanjang jalan, Polri juga menerjunkan Patroli berkuda dari Unit Turangga yang juga melaksanakan Patroli di seputaran tempat kegiatan di Taman Hutan Raya, Mangrove Ngurah Rai," kata dia.

Baca juga: Presiden Jokowi akan kembali cek venue pastikan kesiapan KTT G20
 
Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Denpasar merupakan salah satu venue utama pelaksanaan puncak KTT G20 yakni tempat showcase tanaman Mangrove bagi para kepala negara dan delegasi tentang kepedulian terhadap lingkungan hidup dan ekosistem yang berlanjut.
 
Dalam agenda hari kedua puncak KTT G20, para kepala negara dan delegasi berkesempatan untuk melihat secara langsung hutan mangrove dan menanam mangrove.
 
Acara penanaman mangrove yang bernaung di bawah tema besar Recover Together Recover Stronger tersebut menjadi momentum untuk menggugah kesadaran dunia atas perubahan iklim.
 
Kegiatan tersebut untuk mendukung salah satu dari tiga isu prioritas presidensi Indonesia dalam KTT G20 tahun ini yakni transisi energi berkelanjutan.
 
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sendiri memimpin kegiatan penanaman bakau di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai tepatnya di area elips, yaitu struktur jembatan kayu yang berbentuk bundar lonjong, yang berada di tengah-tengah antara pendopo/wantilan dan hutan bakau.

Baca juga: 1.148 polisi jaga tiga event rangkaian G20 di Bali pada Oktober

Pewarta: Rolandus Nampu

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022