Program Studi Manajemen Kepariwisataan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali melaksanakan pengabdian masyarakat dengan mendampingi para pemangku kepentingan bidang pariwisata di Desa Dukuh Penaban, dalam pengembangan salah satu desa wisata di Kabupaten Karangasem itu.

Ketua Jurusan Kepariwisataan Poltekpar Bali, Dr Ida Ayu Putri Widawati,SE,M.Si dalam keterangan tertulisnya di Amlapura, Karangasem, Minggu, menyampaikan kegiatan pendampingan diantaranya dilakukan dengan memberikan pelatihan pengelolaan desa wisata.

"Pada pelatihan tersebut, dosen dari Prodi MKP memberikan materi mengenai tata kelola desa wisata yang berkelanjutan serta mengundang narasumber yang kompeten di bidangnya," ucap Widawati.

Baca juga: Politekpar Bali lakukan PKM di Desa Candi Kuning Tabanan

Dalam kesempatan tersebut hadir sebagai fasilitator Ni Made Tirtawati, SSi, MPar. dengan tema "Potensi Desa Wisata:, kemudian acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber I Putu Suada bertajuk "Best Practice : Pengelolaan Desa Wisata Munggu".

Selanjutnya juga pemberian materi oleh fasilitator Dr I Wayan Mertha, SE, MSi dengan Topik "Best Practice Tata Kelola Desa Wisata".

Kegiatan pelatihan ini berlangsung di Wantilan Singarsa Gosana, Museum Pustaka Lontar Desa Dukuh Penaban, Kabupaten Karangasem dengan turut dihadiri Lurah Karangasem serta Bendesa Adat Dukuh Penaban.

Hadir pula dalam kegiatan pendampingan tersebut para kepala lingkungan, kelian subak, Pokdarwis, para generasi muda, dan PKK Desa Dukuh Penaban.

Baca juga: Politeknik Pariwisata Bali meluluskan 578 wisudawan pertama

Kegiatan diakhiri presentasi peserta pelatihan dan kunjungan ke Museum Pustaka Lontar di Kabupaten Karangasem.

Sebelumnya, Program Studi Manajemen Tata Hidangan Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Bali juga meningkatkan kompetensi pelaku pariwisata di Desa Celuk, Kabupaten Gianyar, yang terkenal sebagai desa perajin emas dan perak, melalui kegiatan pelatihan serangkaian program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Kegiatan pengabdian yang dilaksanakan di Kantor LPD Desa Celuk, dikemas dalam bentuk Pelatihan Dasar Wine, English for Restaurant, Menu Design dan Breakfast Menu.


https://img.antaranews.com/file/2022/09/25/20220925edisi-khusus-i.pdf
 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022