Kuta (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung berencana menggratiskan vaksinasi kanker serviks pada 2013 yang diberikan kepada pegawai negeri sipil (PNS) golongan I dan II di pemerintah setempat.

"Pada APBD Perubahan 2012, Pemkab Badung telah menganggarkan vaksinasi kanker serviks secara gratis kepada siswi SMA," kata Bupati Badung AA Gde Agung, di Kuta, Selasa.

Dia mengatakan, pada tahun depan akan memberikan vaksinasi kanker tersebut secara gratis kepada para PNS golongan I dan II di Pemkab Badung.

Menurut Bupati, selain memberikan vaksinasi gratis, masih banyak program yang dilakukan guna menekan penularan penyakit kanker yang menjadi salah satu penyebab kematian cukup tinggi tersebut.

"Salah satunya adalah penanggulangan kanker terpadu paripurna (PKTP) melalui berbagai penyuluhan di berbagai kalangan masyarakat dan sekolah-sekolah," ujarnya.

Menurut dia, melalui kegiatan dan program PKTP tersebut dapat menjadi media pembinaan secara berkelanjutan karena masalah kesehatan tidak hanya dilakukan oleh dinas kesehatan saja, tetapi juga melibatkan berbagai sektor terkait lainnya.(IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012