Pekanbaru (Antara Bali) - Chevron Corporation membangun gedung serbaguna di Rumbai, Riau, seharga 5,64 juta dolar AS atau sekitar Rp53 miliar dalam rangka berkontribusi pada penyelenggaraan PON XVIII 2012.

Gedung yang juga akan dimanfaatkan dalam penyelenggaraan Paralympic Games pada 5-15 Oktober 2012 itu diresmikan oleh Gubernur Riau Rusli Zainal, di Pekanbaru, Kamis.

Menurut lembar fakta perusahaan yang diperoleh, disebutkan bahwa pendanaan sepenuhnya dari Chevron, sehingga bersifat "non-cost recovery" atau "sole cost".

Dikatakan gedung dengan kapasitas 1.500-2.000 penonton itu nantinya dapat dipakai sebagai sarana untuk mengadakan pelatihan, seminar, olahraga, maupun kegiatan masyarakat lainnya.

Pada PON XVIII/2012 dan Paralympic Games 2012, gedung tersebut digunakan untuk "venue" atau arena cabang olahraga wushu. Tahun 2013, gedung ini direncanakan untuk mendukung perhelatan Islamic Solidarity Games (ISG) 2013, kegiatan olahraga internasional negara-negara Islam.

"Setelah diserahterimakan, tanggung jawab gedung akan sepenuhnya berada di bawah pengelolaan Pemerintah Provinsi Riau," kata lembar fakta tersebut.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012