Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar, Bali terus mengoptimalkan penanganan tumpukan sampah di beberapa tempat penampungan sementara (TPS) dalam upaya menjaga kebersihan dan keindahan perkotaan usai Hari Suci Nyepi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Denpasar, Ida Bagus Putra Wirabawa di Denpasar, Rabu mengatakan, saat ini petugas dari DLHK sedang bekerja, sehingga seluruh sampah di TPS dapat ditangani maksimal.

Ia mengatakan, sampah rumah tangga dan sisa upacara rangkaian Hari Suci Nyepi masih mendominasi. Sehingga pihaknya menggunakan alat berat dan kendaraan truk pengangkut guna mempercepat penanganan-nya.

Baca juga: Pemkot Denpasar tangani tumpukan sampah TPSS eks Pasar Loak Gunung Agung

"Saat ini kami kerahkan alat berat dan puluhan armada dam truk guna mempercepat pengangkutan sampah di TPS se-Kota Denpasar," ucapnya.

Camat Denpasar Timur, I Made Tirana didampingi Kepala Desa Dangin Puri Kelod, I Made Sada mengatakan bahwa agar seluruh jajaran telah bekerja optimal guna mengatasi tumpukan sampah pascahari besar keagamaan itu.

Ia mengatakan, setelah hari raya keagamaan volume sampah mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dengan percepatan penanganan tersebut dari DLHK berharap tumpukan sampah dapat tuntas secepatnya, sehingga tidak mengganggu kenyamanan masyarakat.

"Sesuai arahan Bapak Wali Kota, kami akan kawal agar penumpukan sampah ini tertangani cepat. Kami juga sudah koordinasikan dengan kepala desa dan lurah agar TPS dipantau, diantisipasi dan dioptimalkan pengangkutan saampahnya secara berkala oleh tim, sehingga sampah tidak meluber dan menumpuk,” kata Tirana.

Baca juga: Pemkab Gianyar bersihkan sampah plastik di tiga pantai

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022