Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, meminta seluruh masyarakat terus menjalankan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa di Mangupura,  Kabupaten Badung, Senin mengatakan penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat harus diperkuat dalam suasana PPKM level 3 di Badung sebagai upaya menurunkan atau meminimalkan penyebaran virus corona.

"Pada PPKM level 3 ini setidaknya kami bisa step by step meminimalkan penyebaran COVID-19 dengan cara penguatan protokol kesehatan dan membatasi kerumunan, untuk itu koordinasi juga selalu kami tingkatkan bersama seluruh stakeholder," ujar Adi Arnawa yang juga Sekretaris Satgas COVID-19 Badung itu.

Baca juga: Pemkab Badung dan KPID Bali tingkatkan kerja sama

Ia mengatakan rangkaian perayaan Hari Raya Nyepi di Badung seperti ritual melasti dan pawai Ogoh-ogoh, juga perlu mendapatkan atensi dan diatur agar tidak menyebabkan penyebaran COVID-19.

Rencananya, pawai ogoh-ogoh hanya dapat dilakukan di wilayah masing-masing adat dengan sistem pengawasan di lapangan sesuai dengan arahan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta yang berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait lainnya.

Sekda Adi Arnawa menambahkan, terkait pelaksanaan kegiatan pendidikan, wilayah Badung juga masih akan tetap memperpanjang pembelajaran daring dengan terus melihat perkembangan situasi pandemi.

"Kami juga akan terus mempercepat atau menggencarkan proses vaksinasi COVID-19 dalam rangka penguatan imun tubuh, penguatan antibodi sehingga akan mengurangi resiko terpapar COVID-19," ungkapnya.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Badung I Wayan Darma menjelaskan, pihaknya juga memberikan atensi terkait dengan kedatangan penerbangan internasional melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai yang berada di wilayah Badung.

Baca juga: Pemkab Badung motivasi generasi muda berkreasi

"Pengawasan yang harus dilakukan oleh Satgas pada skema travel bubble dan karantina wisatawan Pelaku Perjalanan Luar Negeri," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 termasuk vaksinasi penguat (booster) sebagai upaya untuk menciptakan kekebalan komunal.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022