Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Perbekel atau kepala desa serentak di Badung Tahun 2022 khususnya terkait dengan penerapan protokol kesehatan (prokes).

Pada tahun 2022, Pemilihan Perbekel rencananya akan dilaksanakan di sembilan desa se-Badung diantaranya Desa Abiansemal, Bongkasa, Bongkasa Pertiwi, Mengwitani, Tumbak Bayuh, Petang, Dalung, Canggu dan Ungasan.

"Melihat tren angka COVID-19 varian baru ini terus naik, maka harus disiapkan nanti adalah pada saat pelaksanaan Pemilihan Perbekel serentak di Badung haris mengikuti dan mengedepankan protokol kesehatan," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Badung Wayan Adi Arnawa di Mangupura, Kamis.

Ia mengatakan, penerapan protokol kesehatan itu harus terus dimatangkan dan disiapkan dengan baik oleh masing-masing tim yang terlibat terutama di jajaran Forkopimda dalam menjaga ketertiban dan keamanan serta penerapan prokes.

Baca juga: Badung jamin tidak ada kerumunan saat pilkada perbekel 2022

"Kami harus bisa memberikan jaminan ke pemerintah pusat bahwa Pemilihan Perbekel Serentak di Badung  ini tidak menjadi klaster baru penularan pandemi COVID-19," katanya.

Selain itu, Sekda Adi Arnawa meminta agar dalam pelaksanaannya seluruh pihak terkait dapat berhati-hati karena Pemilihan Perbekel serentak berdekatan dengan perayaan Hari Raya Nyepi dengan kegiatan pawai Ogoh-ogoh.

"Namun bisa juga ada desa adat yang tidak menyelenggarakan pawai, ada atau tidaknya tergantung desa adat masing- masing. Pawai ini apabila tidak mengedepankan prokes bisa membuat klaster baru dan ini harus menjadi atensi bagi kami," ungkapnya.

Ia menambahkan, para camat di wilayah yang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa juga harus sudah melakukan sosialisasi terkait hal-hal yang berkaitan dengan protokol kesehatan.

"Saya minta kepada para camat untuk menyiapkan alat-alat sarana protokol kesehatan seperti Alat Pelindung Diri, masker kepada desa yang akan menyelenggarakan pemilihan. Alat- alat prokes ini diadakan melalui APBDes," ujar Sekda Adi Arnawa.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2022