Denpasar (Antara Bali) - Pemerintah Provinsi Bali menganugerahkan Dharma Kusuma, penghargaan tertinggi dalam bidang seni, kepada 14 seniman yang dinilai berjasa dalam menggali, mengembangkan, dan melestarikan seni budaya Bali sehingga tetap kokoh dan eksis di tengah impitan budaya global.

"Penghargaan berupa piagam, lencana emas 20 gram, dan uang masing-masing sebesar delapan juta rupiah akan diserahkan Gubernur Bali Made Mangku Pastika pada puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-54 Pemprov Bali pada Selasa (14/8)," kata Kepala Seksi Perfilman dan Perizinan Dinas Kebudayaan Provinsi Bali  I  Wayan Dauh di Denpasar, Minggu.

Ia mengatakan, sebanyak 14 seniman itu sebelumnya dinyatakan lolos seleksi oleh satu tim, beranggotakan berbagai dari instansi terkait yang menyangkut berbagai aspek.

Tim melakukan penilaian secara ketat terhadap 24 seniman, usulan dari delapan kabupaten dan satu kota di Bali, sehingga mereka yang menerima penghargaan tertinggi dalam bidang seni itu betul-betul mempunyai prestasi tinggi, dedikasi, dan pengabdian untuk pelestarian seni budaya Bali.

Wayah Dauh menjelaskan, sebanyak 14 seniman yang mewakili dari seluruh bidang seni dan budaya Bali yang menerima penghargaan itu terdiri atas Ida Bagus Raka Pudjana (65), seniman drama gong dan I Made Bukti (almarhum), seniman tari, keduanya berasal dari Kota Denpasar.(IGT/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012