Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung kembali meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) karena berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) secara berturut-turut untuk keenam kalinya dari BPK. Pemkab Klungkung juga meraih "BKN Award 2021".

Penghargaan Kemenkeu diterima Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta, dari Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pembendaharaan Provinsi Bali, Teguh Dwi Nugroho di Kantor Bupati Klungkung, Senin (1/11/2021).

"Penghargaan ini diraih, karena sebelumnya Pemkab Klungkung telah berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) secara berturut-turut untuk keenam kalinya dari BPK pada beberapa waktu lalu," ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta menambahkan penghargaan ini diraih tidak terlepas dari kerja sama semua pihak, baik itu pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan sistem transparansi dan pengelolaan keuangan yang baik.

"WTP ini bisa diraih berturut-turut untuk keenam kalinya tidak terlepas dari adanya kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat," ujar Bupati Suwirta, didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra.

Atas penghargaan itu, Bupati Suwirta berharap kedepannya bisa semakin memacu seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Klungkung untuk berbuat dan memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat. "Dengan penghargaan ini kita tingkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pembendaharaan Provinsi Bali, Teguh Dwi Nugroho menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Klungkung sebagai Pemerintah Daerah yang mendapatkan opini WTP sebanyak enam tahun berturut-turut.

Opini WTP adalah wujud dari pengelolaan keuangan megara yang telah dilakukan secara optimal, dengan berusaha selalu menyajikan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi pemerintah, mematuhi peraturan perundang-undangan, kecakupan pengungkapan dan efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI).

Pihaknya berharap dengan didukung peningkatan kuantittas dan kualitas SDM pengelola keuangan pemerintah daerah di Kabupaten Klungkung, maka akuntabilitas dan transparansi pelaporan keuangan harus dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

"Semoga kita dapat terus memperoleh manfaat dan bekal yang lebih baik dalam menyusun laporan keuangan pemerintah daerah yang transparan dan akuntabel," katanya.

 
BKN Award 2021
Sebelumnya, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta juga menerima Penghargaan BKN Award 2021 yang diserahkan di Kantor Bupati Klungkung (29/10/2021).

Penghargaan itu diterima Bupati Suwirta dari Kepala Kantor Regional BKN X Denpasar, Paulus Dwi Laksono Harjono, bersamaan dengan acara sosialisasi Sistem Merit dalam Manajemen ASN dari BKN X Denpasar.

"Sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi. Tujuan penerapan sistem merit adalah untuk memastikan jabatan di birokrasi pemerintah diduduki oleh orang-orang yang profesional, dalam arti kompeten dan melaksanakan tugas berdasarkan nilai dasar, kode etik dan kode perilaku ASN," katanya.
 
Terkait penghargaan kepada Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, ia menjelaskan penghargaan tersebut adalah bentuk apresiasi Pemerintah Pusat atas capaian dalam Implementasi Penilaian Kinerja ASN di Pemkab Klungkung. Pemkab Klungkung memperoleh penghargaan Peringkat II tingkat Pemerintah Kabupaten Type B se-Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta berpesan kepada ASN di Lingkungan Pemkab Klungkung mengenai Penghargaan yang diperoleh, supaya ASN di lingkungan Pemkab Klungkung tetap melaksanakan tugas dengan baik bahkan meningkatkan kinerja menjadi lebih baik dari sebelumnya.

"Jadikan penghargaan yang diperoleh sebagai motivasi dalam menuntaskan permasalahan yang ada di Kabupaten Klungkung, dan jangan sampai karena penghargaan ini membuat kita lalai dalam melaksanakan tugas sesuai tugas masing-masing," ujar Bupati Suwirta.

Turut hadir dalam acara tersebut secara langsung pada acara tersebut, Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta dan Sekretaris Daerah I Gede Putu Winastra, serta Kepala OPD Di Lingkungan Pemkab Klungkung dan disaksikan secara daring oleh seluruh ASN di Lingkungan Pemkab Klungkung melalui Video Conference. (*)

Pewarta: Antara News Bali

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021