Denpasar (Antara Bali) - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 3 Denpasar meluncurkan perpustakaan digital hasil kreasi para pelajar yang tergabung dalam Madyapadma Journalistic Park, Jumat.
     
"Kami sangat mendukung karya mereka, tetapi sekolah tidak sepenuhnya bisa membiayai. Namun mereka menutupi kebutuhan biaya dengan kreativitas jiwa berwirausaha," kata Ketut Suyastra, Kepala SMAN 3 Denpasar.
     
Menurut dia, jiwa wirausaha itu telah tumbuh sejak dini dengan mengembangkan usaha daur ulang barang bekas menjadi barang berharga kemudian dijual kepada masyarakat untuk membiayai pembuatan buku.
     
Hasil dari penjualan buku itu kemudian digunakan untuk menciptakan perpustakaan digital. Perpustakaan digital lanjut Suyastra, dinilai merupakan perpustakaan digital pertama di Bali yang diciptakan anak didiknya.
     
Nantinya buku - buku hasil tulisan pelajar itu akan diunggah ke dalam situs www.madyapadmadigitallibrary.com sehingga masyarakat bisa langsung mengakses secara online.
     
Sementara itu Pemimpin Umum Madyapadma Journalistic Park Putu Ayu Suastidewi menjelaskan bahwa buku dalam perpustakaan digital itu bisa diunduh dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran.
     
"Masyarakat nantinya bisa mengunduh buku - buku itu dan melakukan pembayaran via transfer bank," katanya.(DWA/T007)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012