Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, menyerahkan hadiah (menghadiahi) seragam baru kepada relawan sosial dari Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang merayakan HUT ke-17 pada 24 Maret 2021, karena dinilai sangat membantu masyarakat, baik masyarakat terdampak bencana alam maupun bencana sosial.

"Tagana sebagai relawan sosial tentu sangat membantu masyarakat. Saya mengucapkan terima kasih kepada Tagana yang sudah ikut membantu masyarakat kurang mampu dalam pengerjaan bedah rumah maupun rehab rumah," ujarnya setelah menyerahkan hasil rehab rumah di Kelurahan Semarapura Klod Kangin, Sabtu.

Baca juga: Relawan bantu siapkan makanan Pengungsi Gunung Agung

Menurut Bupati, kerja Tagana itu sangat luar biasa, apalagi Tagana juga bersinergi dengan BPBD dan elemen masyarakat lainnya, karena Bupati menugaskan Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung, I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, untuk kedepan agar memberi perhatian kepada anggota Tagana melalui kegiatan sosial kebencanaan.

"Tentu dengan memperhatikan kemampuan anggaran daerah, saya lihat baju yang dipakai itu-itu saja," kata Bupati yang dalam kesempatan itu membelikan baju baru untuk puluhan anggota Tagana Klungkung sebagai tanda terima kasih atas keterlibatan Tagana dalam pengerjaan bedah rumah maupun rehab rumah.

Pada Sabtu (27/3/3021), Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta didampingi Ny. Ayu Suwirta saat menyerahkan hasil rehab rumah kepada keluarga I Gusti Nyoman Alit (42) asal Kelurahan Semarapura Klod Kangin, Kecamatan Klungkung, yang disaksikan Kadis Sosial P3A, I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya dan perangkat kelurahan setempat.

Keluarga I Gusti Nyoman Alit (42) sebelumnya mengalami musibah. Rumah sederhana miliknya rusak ditimpa pohon jenis santen setinggi 25 meter yang tumbang pada Kamis (4/3/2021) sekitar pukul 23.00 Wita. Kini, keluarga tersebut sudah kembali bisa menempati rumah yang nyaman, setelah mendapat bantuan rehab rumah.

"Dengan selesainya rehab ini, kini keluarga I Gusti Nyoman Alit bisa kembali menempati rumah yang nyaman. Sanggah yang hancur ditimpa pohon juga sudah kita perbaiki. Sejatinya, keluarga I Gusti Nyoman Alit berasal dari Karangasem, namun telah lama tinggal dan sudah menjadi warga Klungkung," ujar Bupati kepada I Gusti Nyoman Alit saat menerima hasil rehab rumah tersebut.

Baca juga: Tagana gelar kegiatan sosial di Gianyar, Klungkung gelar lomba permainan tradisional

I Gusti Nyoman Alit mengaku sangat bersyukur karena telah dibantu perbaikan rumah dan sanggah kemulan yang hancur ditimpa pohon tumbang. "Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati Suwirta," ujar pria yang kesehariannya sebagai buruh pasar tersebut.

Pada waktu yang sama (27/3/2021), Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta juga menghadiri bakti sosial Junior Chamber International (JCI) di Desa Selisihan, Kecamatan Klungkung, seperti pembagian 100 paket sembako, pemeriksaan mata skrining katarak, operasi mata katarak gratis dan donor darah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung, I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, Camat Klungkung, Putu Arnawa dan perangkat desa adat dan dinas setempat.  

Panitia kegiatan, Angga Pratama Nugraha mengatakan, kegiatan yang dibalut dalam tema JCI Berbagi di Desa Selisihan ini merupakan kolaborasi antara JCI Semarapura dan JCI Badung. JCI Indonesia adalah organisasi nasional pemuda non-politik dan non-sektarian, bagian dari organisasi kepemudaan internasional terbesar di dunia yang berafiliasi pada PBB.

"Kedepan, JCI diharapkan bisa mensinergikan program sosial dengan Pemkab Klungkung, untuk bersama meningkatkan derajat dan mengeluarkan warga kurang mampu dari garis kemiskinan. Anggota JCI yang sebagian besar anak-anak muda, diharapkan bisa meningkatkan spirit generasi muda untuk bergerak bersama. JCI bergerak bersama membangkitkan spirit generasi muda, sejalan dengan spirit Gema Santi," ujar Bupati Suwirta.

 

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021