Pemkab Klungkung menukarkan aset tanah seluas 12 are untuk Kantor Polisi Sampalan sebagai bentuk saling tukar aset Polres-Pemkab Klungkung di Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Keterangan resmi Humas Pemkab Klungkung yang diterima, Jumat, melaporkan lokasi itu ditinjau langsung oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan Karolog Polda Bali, Nelson P. Purba, Kamis (4/2).

Peninjauan untuk Verifikasi Aset di Nusa Penida itu menindaklanjuti kunjungan Gubernur Bali dengan Kapolda Bali dan Pemkab Klungkung, terkait rencana pembangunan Kantor Sub Sektor Pos Pelayanan Kepolisian di Nusa Penida pada Senin (1/2).

Dalam peninjauan yang juga diikuti Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra, Kapolres Klungkung AKBP Bima Aria Viyasa, dan Balai Wilayah Sungai Bali-Penida itu, tim juga meninjau penataan oleh Balai Pengembangan Wilayah (BPW) Provinsi Bali pada dua titik yakni Toya Pakeh dan Batu Nunggul.

Baca juga: Kini, Polres Klungkung miliki Gedung SPKT

Menurut Bupati Suwirta, perlu secepatnya dilakukan tukar aset antara Polres Klungkung dengan Pemkab Klungkung, sehingga penataan ruang area pelabuhan Sampalan bisa benar-benar bagus dan maksimal.

"Lahan Sub Sektor Pos Pelayanan Kepolisian seluas 12 are rencananya akan dijadikan ruang terbuka, sedangkan tanah Pemkab yang juga memiliki luas 12 are di sebelah barat Kantor Camat Nusa Penida akan dipergunakan sebagai lahan pengganti Kantor Sub Sektor Pos Pelayanan Kepolisian," katanya.

Sementara itu, Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu menyambut baik rencana pertukaran aset ini demi pembangunan dan penataan pelabuhan Sampalan yang lebih baik dan maksimal.

"Apalagi pertukaran aset ini masing-masing memiliki luas yang sama dan pemanfaatannya yang sangat jelas," katanya sambil memerintahkan jajarannya untuk berkoordinasi dengan Sekda Klungkung, I Gede Putu Winastra, membahas lebih lanjut proses administrasi pertukaran aset itu.

Baca juga: Wabup Klungkung tinjau tanah longsor

Kunjungan lapangan itu antara lain ke Polsubsektor di objek wisata devil tears Desa Lembongan, Pos Polisi di Desa Jungutbatu, Kantor Polisi (Polairud) Sampalan di Desa Batununggul Nusa Penida dan Lapangan tenis di belakang kantor Camat Nusa Penida.

Selain itu, Kamis (4/2) itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta juga menghadiri Entry Pemeriksaan Interim tentang laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Klungkung TA (Tahun Anggaran) 2020 oleh tim BPK RI Perwakilan Provinsi Bali, yang dihadiri Ketua BPK RI Perwakilan Bali Sri Haryoso Suliyanto bersama tim pemeriksa dari BPK Bali.

Pewarta: Gembong Ismadi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2021