Pemerintah Kota Denpasar menerima hibah berupa Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri karena dinilai sukses dalam penerapan protokol kesehatan mulai dari proses pendaftaran hingga pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember 2020.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Denpasar, Dewa Gde Juli Artabrata di Denpasar, Minggu, menjelaskan bahwa penghargaan ADM tersebut diberikan dengan status hibah pinjam pakai atas penilaian Kemendagri terhadap kontestan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang disipin menerapkan protokol kesehatan saat pendaftaran ke KPU hingga pencoblosan pilkada serentak.

"Pemberian ADM ini merupakan hasil penilaian Kemendagri terkait ketaatan masyarakat terhadap protokol kesehatan (prokes), khususnya terkait pendaftaran paslon ke KPU dalam rangka Pilkada Serentak 2020 dan Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara menjadi satu-satunya calon petahana di Bali yang mendapatkan penghargaan ini, namun penghargaanya diserahkan ke Disdukcapil untuk mendukung pelayanan," ucapnya.

Serah terima ADM ditandai dengan penandatanganan hibah pinjam pakai antara Kadisdukcapil Kota Denpasar, Dewa Gde Juli Artabrata bersama Dirjen Dukcapil,Kemendagri Prof Dr. Zudan Arif Fakruloh.

Baca juga: Satpol-PP Denpasar bubarkan kerumunan warga

Dewa Juli Artabrata mengatakan bahwa dengan adanya hibah pinjam pakai ADM dari Kemendagri kepada Pemkot Denpasar, maka total pemkot memiliki dua ADM. Hal ini tentu menjadi sangat baik guna mendukung terciptanya pelayanan maksimal bagi masyarakat Kota Denpasar.

"Akhir bulan Desember atau awal tahun 2021, ADM tiba di Kota Denpasar dan rencananya akan kami pasang di Dharma Negara Alaya (DNA), sehingga masyarakat dapat melaksanakan pencetakan berbagai dukumen kependudukan di luar jam kerja bahkan saat hari libur," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Dewa Juli Artabrata mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Dalam Negeri atas bantuan hibah pinjam pakai ADM. Selain itu pihaknya mengapresiasi kepada paslon petahana yakni Cawali Jaya Negara dan Cawawali I Kadek Agus Arya Wibawa yang berkomitmen menerapan disiplin prokes, sehingga sukses meraih penghargaan Kemendagri berupa ADM.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak serta Kemendagri sehingga dengan adanya hibah ADM dapat menciptakan pelayanan administrasi kependudukan yang maksimal dan berkualitas bagi masyarakat Kota Denpasar, dan kami berharap capaian ini juga menjadi teladan bersama untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 saat ini," katanya.

Baca juga: Tim Yustisi Denpasar jaring 44 pelanggar protokol kesehatan

Pewarta: I Komang Suparta

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020