Magelang (Antara Bali) - Museum Haji Widayat di Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menyiapkan pameran bertajuk "Kembar Mayang" yang diikuti ratusan seniman setempat dan dari Yogyakarta.

Direktur Museum Haji Widayat Kota Mungkid Fajar Purnama Sidi di Magelang, Rabu mengatakan, pameran yang berlangsung 6 April hingga 6 Mei 2012 itu rencananya dibuka oleh penyair Ajip Rosidi.

"Ada sekitar 200 karya terutama lukisan yang dipamerkan, selain itu karya patung dan instalasi yang juga ikut dipamerkan dan ditata di seluruh kompleks museum ini," katanya.

Hasil karya 175 seniman itu dipajang antara lain di Lantai I Museum Haji Widayat, Galeri Hajah Suwarni (istri pertama almarhum Widayat), Art Shop Hajah Sumini (istri kedua almarhum Widayat), Taman Pasir, dan Taman Rumput di kompleks museum tersebut.

Pameran itu bagian dari kegiatan budaya bertajuk Magelang Art Event (MAE) 2012 yang digagas kolektor lukisan Kota Magelang, Oei Hong Djien (OHD). Sejumlah galeri di Kota dan Kabupaten Magelang berkaitan dengan even itu menggelar pameran karya dengan melibatkan para seniman berbagai kota.

"Almarhum bapak adalah sahabat dekat dokter Oei Hong Djien, dan OHD sampai sekarang menjadi kurator museum ini," kata Fajar yang biasa dipanggil Pungki itu, yang juga salah satu putra Widayat.(*/T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012