BUMN pengembang dan pengelola destinasi pariwisata Nusa Dua, Bali dan Mandalika, NTB, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) bersama Club Med Indonesia menyerahkan bantuan 21.000 buah masker kesehatan untuk 11 rumah sakit di Bali dan NTB.

"Bantuan medis yang terdiri dari 20 ribu buah surgical mask atau masker bedah dan seribu masker N95 ini akan disebar di sejumlah RS yang menjadi rumah sakit rujukan dan penanganan COVID-19 di Bali dan NTB," ujar Managing Director The Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Bali, Denpasar, Rabu.

Di wilayah Provinsi Bali, bantuan tersebut akan didistribusikan ke RSUD Buleleng, RSUD Bangli dan RSUD Karangasem. Sedangkan di wilayah NTB, masker akan didistribusikan ke RSUD Provinsi NTB, RSUD Dr. Soedjono Selong, RS H.L Manambai Abdulkadir Kab. Sumbawa Besar, RSU Bima, RS Kota Mataram, RS Kabupaten Lombok Tengah, RS Kabupaten Lombok Barat, dan RS Kabupaten Lombok Utara.

Penyerahan bantuan masker di Bali, diserahkan langsung oleh Ngurah Ardita didampingi Chief de Village Club Med Bali Ms. Merlin Cheah dan diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya.

Baca juga: ITDC bagikan paket sembako ke masyarakat terdampak COVID -19

Ngurah Ardita mengatakan untuk wilayah Bali, bantuan yang diserahkan sebanyak 8 ribu masker bedah dan 400 buah masker N95 bagi petugas medis yang berada di tiga rumah sakit.

"Kami berharap bantuan alat pelindung diri ini dapat mendukung pelaksanaan tugas para tenaga medis dalam melawan COVID-19 di Bali, sehingga dapat mendukung pemulihan kembali pariwisata di Bali," katanya.

Selain memberikan bantuan masker ini, ia menambahkan ITDC juga telah melakukan sejumlah kegiatan untuk membantu pemerintah menekan penyebaran COVID-19 di kawasan pariwisata yang dikelola ITDC.

Kegiatan itu dilakukan melalui Program ITDC Lawan Corona, dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin baik di dalam kawasan The Nusa Dua dan The Mandalika termasuk di sembilan desa penyangga di sekitar kawasan.

"Kami juga membagikan bantuan kepada desa penyangga berupa peralatan dan bahan disinfektan serta sabun cair untuk dapat dikelola secara mandiri oleh masing-masing desa, bantuan masker kain untuk masyarakat serta bantuan sembako dan santunan anak yatim piatu dalam rangka Hari Raya Idul Fitri. Di kawasan, kami juga menerapkan kebijakan physical distancing serta langkah-langkah lainnya sesuai protokol pencegahan COVID-19," ungkap Ngurah Ardita.

Baca juga: ITDC beri bantuan pada masyarakat tiga desa adat di Badung

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer dalam keterangan resminya mengatakan ITDC secara aktif membantu pemerintah dalam menangani pandemi COVID-19 melalui berbagai program bantuan, baik bantuan mandiri maupun berkolaborasi dengan pihak lain.

Menurutnya, pemberian bantuan masker bedah dan masker N95 bekerjasama dengan Club Med Indonesia ini merupakan sumbangsih ITDC dalam mendukung upaya perlindungan diri para dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya sebagai garda terdepan penanganan COVID-19.

"Kami patut mendukung segala upaya dan kerja keras para pejuang kemanusiaan ini dalam melawan wabah corona," katanya.

Baca juga: ITDC berikan masker dan 'hand sanitizer' untuk wartawan

Sementara itu, Vice President Regional Operation Club Med Philippe Hoffmann menambahkan, pihaknya sangat bersyukur dapat memiliki kesempatan berbagi dalam misi kemanusiaan tersebut.

"Kepada tim Medis yang telah berjasa, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengorbanan dan perjuangan kalian. Bersama kita bisa melalui masa sulit ini. Dan semoga badai cepat berlalu dan Industri pariwisata serta perekonomian dapat segera pulih," ujarnya.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020