Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto mengatakan bahwa terdapat empat kabupaten di Bali, NTT, dan NTB yang menjadi wilayah Kodam IX/Udayana akan melaksanakan TMMD ke-108 saat masa pandemi COVID-19.

"Untuk di wilayah Kodam IX/Udayana sendiri dilaksanakan di empat kabupaten, untuk di wilayah Korem 161/WS Provinsi NTT dilaksanakan di Kabupaten Kupang dan Ende, di wilayah Korem 162/WB Provinsi NTB dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa Barat, sedangkan di wilayah Korem 163/WSA Provinsi Bali dilaksanakan di Kabupaten Gianyar," jelas Kapendam dalam keterangan pers yang diterima di Denpasar, Kamis.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan TMMD ke 108 tahun ajaran 2020 rencananya dibuka secara serentak pada Sabtu (30/5/2020) mendatang. Sedangkan untuk pelaksanaan Pra TMMD sudah lebih dulu mulai dikerjakan.

TMMD merupakan salah satu wujud Operasi Bhakti TNI dalam program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat.

Melalui TMMD, kata Kapendam bertujuan untuk meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terkena dampak akibat bencana alam.

Secara keseluruhan TMMD terbagi menjadi dua kegiatan, yaitu kegiatan fisik dan non fisik. Untuk kegiatan fisik TMMD seperti merehabilitasi sarana dan prasarana yang rusak akibat faktor umur maupun bencana alam, meningkatkan sarana prasarana wilayah yang berada di pedesaan berupa infrastruktur, fasilitas umum dan sosial.

Sedangkan pada kegiatan non fisik, melaksanakan sosialisasi dan penyuluhan guna meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara di kalangan masyarakat, kesadaran bela negara, penegakan hukum, disiplin nasional dan pengetahuan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat pedesaan, seperti kesehatan, pertanian dan peternakan serta perikanan.

"Tentu kita semua berharap agar wabah COVID-19 ini tidak menghalangi personel Satgas TMMD dalam menyelesaikan sasaran TMMD, dan tidak melupakan perintah dari Komando Atas untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan menerapkan sosial distancing serta memakai masker pada saat bekerja,"tegas Kapendam.

Pewarta: Ayu Khania Pranishita

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020