Kepala Inspektorat Kabupaten Gianyar, I Ketut Pasek Lanang Sadia bersama unsur Kejaksaan Negeri Gianyar, Dinas Sosial Kabupaten Gianyar mendampingi Perwakilan Badan Pengawasa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Bali, I Nyoman Sujana melakukan pemantauan penyaluran dana bantuan sosial tunai (BST) di wilayah Kecamatan Sukawati.

“Penyaluran dilakukan sesuai dengan ketentuan yang ada terkait dengan jaga jarak yang selama ini sering kita lihat ada antrean. Kondisi cukup baik, cukup memadai. Kami dari BPKP akan terus mengawasi terkait penyaluran bansos, termasuk BST dan yang lain.” kata Perwakilan BPKP Provinsi Bali, I Nyoman Sujana, dalam siaran pers Diskominfo Gianyar yang diterima, Kamis.

Sujana mengatakan, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk melakukan pemantaun terkait penyaluran bantuan sosial dalalam upaya penanganan COVID-19 di Kabupaten Gianyar.

Baca juga: Bupati Mahayastra Serahkan Bansos untuk Pura Dalem Br. Badung

Berdasarkan hasil pemantauan penyaluran BST di Kecamatan Sukawati berlangsung sesuai dengan ketentuan yang ada. Selain ada pengaturan jarak, juga diberlakukan jadwal penyaluran dengan jam yang berbeda bagi masing-masing desa.
Dari data yang dikeluarkan PT. Pos Indonesia (Persero) KPC Sukawati, terdapat 443 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di sembilan desa se-Kecamatan Sukawati. Penyerahan dilakukan di Kantor Camat Sukawati dengan tetap memperhatikan protokol penanganan COVID-19, yakni masing-masing desa diatur jam penyerahan serta jarak duduk antara penerima manfaat. Penyerahan BST dimulai dari pukul 10.00 Wita-14.00 Wita.
 
Kasi Datun Kejari Gianyar, Martina P mengatakan, penyaluran BST di Kecamatan Sukawati berlangsung dengan baik. Diterima langsung oleh KPM dan tidak diwakili serta besaran dana yang diberikan sesuai dengan semestinya tanpa ada pemotongan yakni sebesar Rp600 ribu.

Baca juga: Pemkot Denpasar buat pelayanan bansos melalui E-Monalisa
“Saya mengapresiasi kinerja dari PT. Pos Indonesia dan Dinas Sosial Kabupaten Gianyar terkait penyaluran BST kepada KPM,” kata Martina.
 
Sementara itu, Kepala Inspektorat Kabupaten Gianyar, I Ketut Pasek Lanang Sadia mengatakan sangat mengapresiasi kerja sama dalam rangka pemantauan penyaluran BST di Kabupaten Gianyar antara BPKP, Kejaksaan, PT. Pos Indonesia serta Dinas Sosial Kabupaten Gianyar, sehingga bantuan sampai kepada masyarakat yang berhak dalam kondisi aman, tertib dan tetap menerapkan protokol penanganan COVID-19.
 
“Pemkab Gianyar di bawah kepemimpinan Bupati Mahayastra menaruh perhatian besar terhadap penanganan COVID-19 dan tentu sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Lanang Sadia

Pewarta: Adi Lazuardi

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020