Denpasar (Antara Bali) - Indeks tendensi konsumen (ITK) Provinsi Bali triwulan IV tahun 2011 sebesar 111,38 persen, yang mengindikasikan adanya peningkatan kondisi ekonomi konsumen dari triwulan sebelumnya.

Membaiknya kondisi ekonomi konsumen, didorong oleh meningkatnya pendapatan rumah tangga yang mampu memberikan kontribusi  nilai indeks 109,33 persen, kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Bali I Gede Suarsa di Denpasar, Senin.

Ia mengatakan, membaiknya kondisi ekonomi konsumen juga didorong oleh peningkatan pendapatan rumah tangga (nilai indeks 109,33 persen), keyakinan konsumen akan tidak adanya pengaruh inflasi terhadap konsumsi mereka (nilai indeks 118,67) serta adanya peningkatan konsumsi di mana nilai indeksnya mencapai 107,61 persen.

BPS melaksanakan survei yakni survei tendensi konsumen (STK) yang melibatkan 330 responden di Bali menyangkut sub-sampel dari survei angkatan kerja nasional (Sakernas) khusus di daerah perkotaan.

Pemilihan sampel dilakukan secara panel antar triwulan guna memperoleh gambaran yang lebih akurat mengenai perubahan persepsi konsumen antarwaktu.(IGT/M038)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012