Area Kantor Biro LKBN ANTARA Bali di Jalan Mataram 1, Lapangan Lumintang, Denpasar, Bali, Senin (23/3/2020) pukul 16.05 WITA, disemprot disinfektan oleh relawan dari lembaga sosial-kemanusiaan "Aksi Cepat Tanggap" (ACT) Bali, kemudian rumah dinas LKBN ANTARA Bali juga disemprot desinfektan oleh Dinas PU Kota Denpasar.

Hal itu merupakan bagian dari aksi kemanusiaan ACT Bali guna mencegah penyebaran virus COVID-19 di Pulau Dewata, berupa penyemprotan disinfektan untuk 300 titik lebih se-Bali.

"Semoga upaya pencegahan melalui penyemprotan disinfektan terus berlanjut, semua ini berkat kedermawanan semua. Semoga, kita bisa melakukan aktivitas pencegahan di setiap titik vital di Bali," ujar Marcomm ACT Bali, Solicin.

Ia mengharapkan semua titik se-Bali dapat dilakukan penyemprotan disinfektan sehingga pencegahan virus ini dapat dengan maksimal. "Mari sehatkan Indonesia kembali, mari berperan," ucapnya.

Ke-300 titik lebih se-Bali yang dibantu ACT Bali untuk disterilkan itu meliputi fasilitas umum, sekolah, dan tempat peribadatan, termasuk kantor biro LKBN ANTARA Bali.

Sebelumnya (21/3/2020), Ketua Majelis Relawan Indonesia (MRI) Denpasar, Putu Julianto, menyampaikan MRI se-Bali akan terus berusaha melawan Pandemi COVID-19 itu dengan berbagai program ACT Bali, diantaranya penyemprotan disinfektan pada ratusan titik di Bali.

"Kita sikapi santai saja, jangan berlebihan. Yang penting semuanya tetap menjaga kebersihan dan rajin cuci tangan, apalagi kasus COVID-19 di Bali tergolong rendah," katanya saat melakukan penyemprotan disinfektan di area Banjar Sanglah dan sekitarnya.

Baca juga: ACT Bali-Dinkes Denpasar lakukan penyemprotan disinfektan di Banjar Sanglah

Namun, masyarakat harus bersikap pro-aktif dan jangan mudah tergiring isu yang mendorong kepanikan, karena dalam situasi seperti saat ini justru sikap berlebihan akan memperkeruh situasi.

Selain sterilisasi fasilitas umum, MRI-ACT Bali juga melakukan aksi sosialisasi pencegahan Virus COVID-19 kepada masyarakat, sehingga pencegahan virus ini diharapkan dapat berjalan dengan maksimal.

Sementara itu, Kepala Biro LKBN ANTARA Bali Edy M Ya'kub menilai aksi kemanusiaan yang dilakukan ACT dalam melawan virus COVID-19 itu dapat menginisiasi masyarakat untuk melakukan pencegahan bersama-sama.

"Sinergi kemanusiaan yang dikembangkan ACT dengan semangat gotong royong dalam perang melawan virus COVID-19 itu dapat mendorong masyarakat untuk melakukan tindakan yang bermanfaat bagi sesama dan bukan justru melakukan sikap berlebihan yang tidak bermanfaat atau malah merugikan sesama," katanya.

Hand Sanitizer, Hazmat, Wastafel Portable
Selain disinfektan, LKBN ANTARA Biro Bali secara mandiri juga sudah menyediakan "hand sanitizer" (cairan pembersih/penyanitasi tangan) dalam jumlah sangat terbatas, baik di kantor maupun ukuran kecil untuk jajaran redaksi saat peliputan.

"Tapi, kami sudah menerima kiriman hand sanitizer dari PIC ANTARA Pusat pada 28 Maret 2020, sedangkan untuk masker juga dua kali dikirim PIC pada 29 Maret 2020 dan 5 April 2020. Ada pula kiriman baju hazmat untuk pewarta di lapangan yang mungkin rentan dengan COVID-19, seperti rumah sakit," katanya.

Terlepas dari alat kesehatan yang ada, pihaknya juga sudah meminta jajaran redaksi dan non-redaksi untuk tetap menjaga kesehatan dengan menjaga kebersihan sesuai protokol kesehatan dari LKBN ANTARA Pusat. Kebersihan yang harus dijaga itu meliputi personal maupun sarana kerja yang dibawa ke TKP.

Dalam kondisi pandemi itu, LKBN ANTARA Biro Bali pun tetap mengadakan piodalan di kantor biro (7/4/2020) untuk memohon keselamatan dan perlindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Dalam ritual tahunan dalam situasi yang memprihatinkan saat ini, karyawan biro mengenakan masker. "Secara operasional, kami sudah meniadakan rapat mingguan sejak 16 Maret 2020, namun tetap mengadakan rapat secara virtual sejak 2 April 2020 dan akhirnya terhitung mulai Oktober 2021 sudah mengadakan rapat secara offline tapi bersifat bulanan hingga kini (2022)," kata Edy.
 
Baca juga: ANTARA jadi "corong" negara/publik pada era disrupsi

Pada Minggu (31/5/2020), giliran rumah dinas LKBN ANTARA Biro Bali di Jalan Gatot Subroto VI-F, Kota Denpasar dilakukan penyemprotan disinfektan oleh Dinas PU Kota Denpasar. Penyemprotan dilakukan di teras, ruang tamu, kamar, dapur, tempat mencuci, dan halaman belakang dan depan.

Pada Kamis (18/6/2020), Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali juga menyerahkan sumbangan tempat cuci tangan (wastafel) portable kepada LKBN ANTARA Biro Bali di Jl Mataram, Lapangan Lumintang, Kota Denpasar.

Pada Kamis (3/9/2020), jajaran Direksi LKBN ANTARA memberikan Beras Bantuan COVID-19 kepada seluruh karyawan dan purnakarya (pensiunan bulanan). Di Biro Bali tercatat sembilan orang karyawan, redaktur dan wartawan yang menerima dalam bentuk beras, lalu tiga orang redaktur/koresponden yang menerima dalam bentuk transfer uang senilai beras bantuan itu, karena alamat di luar kota. Selain itu, ada empat pensiunan bulanan yang menerima transfer dari Dapen.
 

Pewarta: Antara News Bali

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020