Pengelola Lippo Plaza Sunset di kawasan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi menyebarkan COVID-19 atau virus Corona di area pusat perbelanjaan.

“Mulai bulan Januari lalu, kami telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona. Pertama kami sudah lakukan pembersihan area mal yang telah rutin kami lakukan secara lebih intensif,” ujar Marcomm Manager Lippo Plaza Sunset, Hendra Darmawan, Kamis.

Ia mengatakan, pembersihan area mal cairan desinfektan itu dilakukan di seluruh kawasan dan fasilitas yang sering bersentuhan dengan pengunjung seperti toilet, pegangan tangan atau handrail eskalator dan lift.

Pihaknya juga menyediakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer di sejumlah titik seperti di pintu masuk utama untuk mengajak para pengunjung juga menjaga kebersihan dirinya masing-masing.

“Untuk pembersihan area dan penyediaan hand sanitizer, kami juga melakukan imbauan kepada tentant-tenant yang ada di mal untuk melakukan hal serupa,” katanya.

Baca juga: Pemprov Bali rencanakan "penyemprotan" cegah COVID-19

Hendra menjelaskan, sejak awal bulan Maret lalu, pihaknya juga telah memberlakukan prosedur pemeriksaan suhu tubuh bagi seluruh pengunjung dan karyawan yang akan memasuki area pusat perbelanjaan menggunakan alat thermo gun.

“Batas maksimal suhu tubuh pengunjung yang boleh masuk kawasan mal yaitu, 37,5 derajat celcius. Apabila ada pengunjung yang suhunya diatas 37,5 derajat celcius, kami berhak menolaknya dan menyarankan pengunjung yang bersangkutan untuk segera memeriksakan kesehatannya,” ungkapnya.

Namun, sejak pemberlakuan prosedur pemeriksaan suhu tubuh tersebut, pihaknya mengaku belum ada pengunjung mal yang sampai ditolak masuk karena memiliki suhu diatas batas maksimal yang telah ditentukan.

Langkah pencegahan virus Corona lain yang dilakukan adalah penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker serta sarung tangan yang dikenakan sejumlah petugas mal.

Baca juga: Pasien viral di Jembrana belum tentu COVID-19

Ia menambahkan, langkah-langkah pencegahan virus Corona tersebut juga mendapatkan respon yang cukup baik dari pengunjung pusat perbelanjaan.

"Dari hasil pantauan kami termasuk di sosial media responnya positif. Pengunjung menyadari ini semua demi untuk menjaga keamanan dan kenyamanan kita bersama,” kata Hendra Darmawan.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020