Surabaya (Antara Bali) - Pemerintah serius membidik potensi wisatawan mancanegara ke tanah air melalui promosi "Wonderful Indonesia" pada pelayaran internasional 2012 oleh KRI Dewa Ruci.

"Sasarannya adalah masyarakat setempat dan fans KRI Dewa Ruci di 21 negara pada empat benua yang disinggahi," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar kepada pers, usai menandatangani perjanjian kerja sama dengan TNI AL tentang Branding Pariwisata Wonderful Indonesia di KRI Dewa Ruci, di Surabaya, Sabtu.

Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Soeparno bersama Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar, kemudian melepas keberangkatan kapal layar tiang tinggi itu untuk memulai perjalanan muhibah selama 277 hari hingga 16 Oktober 2012 serta singgah di 21 negara.

KRI Dewa Ruci dalam perjalanannya ke luar negeri, kata Kasal Laksamana TNI Soeparno, juga sekaligus untuk mengikuti "Operation Sail 2012" di Amerika Serikat dalam rangka 200 tahun "tnniversarry of the War".

Menurut Sapta, untuk merealisasikan target kunjungan Wisman 2012 sebesar 8 juta orang maka diperlukan sinergi dengan pihak lain, termasuk TNI AL.

"Salah satu sasaran wisman yang hendak dibidik adalah turis wisata bahari dan untuk itu pilihan kita sangat pas bersinergi dengan TNI AL," katanya.

KRI Dewa Ruci memiliki 16 layar berbagai ukuran dengan panjang kapal 58,30 m, lebar 9,50 m, draft 4,5 m, berat 874 ton, kecepatan mesin 10,5 knot dan layar 9 knot serta luas layar 1.091 meter persegi.(T007)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2012