Bupati Badung, Bali, I Nyoman Giri Prasta, mengatakan, dirinya meminta para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung, untuk dapat bekerja secara out of the box dan membuat terobosan.

"Hal tersebut harus dilakukan para pejabat hingga pegawai namun dengan tetap tidak melanggar hukum. Itu cara kerja, kami butuh yang jujur, disiplin dalam gerakan dan tindakan," ujar Bupati Giri Prasta saat melantik 48 orang pejabat di lingkungan Pemkab Badung, dalam keterangan Humas Badung yang diterima di Mangupura, Rabu.

Ia mengatakan, semakin tinggi jabatan maka akan semakin besar tanggung jawab yang dipikul. Dalam menilai Aparatur Sipil Negara, pihaknya akan melakukan penilaian obyektif berdasarkan kinerja yang loyal terhadap Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Semesta Berencana Kabupaten Badung.

"Pegang teguh RPJMD, kami ingin Badung menjadi contoh pembangunan baik di bidang pangan, sandang dan papan, kesehatan dan pendidikan, jaminan sosial dan ketenagakerjaan, seni, adat agama dan budaya serta pariwisata termasuk infrastrukturnya," katanya.

Baca juga: Bupati Badung minta pejabat agar tingkatkan integritas dan komitmen

Dalam kesempatan itu, sebanyak 48 orang pejabat yang dilantik terdiri dari 11 pejabat eselon II b, 18 pejabat eselon III dan 19 pejabat eselon IV.

Untuk pejabat eselon II yang dilantik, adalah pejabat yang menduduki rangking teratas hasil seleksi pada setiap jabatan yang dilamar.

Dari 11 pejabat yang dilantik, terdapat empat orang camat dan lima Kepala Bagian yang promosi diantaranya, Camat Mengwi, IGN Gede Jaya Saputra menjadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Badung, Camat Petang, I Gde Eka Sudarwitha menjadi Kepala Dinas Kebudayaan Badung.

Sementara iru, Camat Kuta Selatan, I Made Widiana, dilantik menjadi Kadis Koperasi, UKM, dan Perdagangan Badung serta Camat Kuta Utara, AA Ngurah Arimbawa dilantik menjadi Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Badung.

Sedangkan lima orang kepala bagian (Kabag) yang mendapatkan promosi diantaranya, Kabag Pemerintahan, I Gusti Agung Made Wardika, menjadi Sekwan DPRD Badung, Kabag Organisasi I Wayan Wijana menjadi Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Badung.

Kabag Perlengkapan-Perawatan Badung, I Wayan Puja, dilantik menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan, Kabag Umum, I Nyoman Suardana, menjadi Kepala Dinas Perikanan Badung serta Kabag Hukum dan HAM Komang Budhi Argawa menjadi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Badung.

Sedangkan untuk jabatan lainnya yaitu Kepala Dinas Kesehatan Badung dijabat oleh Direktur RSD Mangusada, dr I Nyoman Gunarta dan Kepala Pelaksana BPBD Badung dijabat oleh Sekretaris Dinas Sosial, Bagus Nyoman Wiranata.

Baca juga: Bupati Badung tangani masalah tapal batas wilayah desa adat

Bupati Giri Prasta berpesan, kepada pejabat yang baru dilantik untuk dapat segera bertugas dan bertanggungjawab, meningkatkan koordinasi dan mampu bersinergi dengan baik dan optimal untuk mewujudkan target secara menyeluruh.

"Saya juga meminta para pejabat untuk selalu menjaga dan meningkatkan integritas, dedikasi, loyalitas dan komitmen terhadap Pemkab Badung dan NKRI. Memiliki wawasan jauh kedepan dan mampu melakukan inovasi yang positif melalui pemikiran yang kreatif, inovatif dan sistematis untuk kemajuan organisasi," katanya.

Ia menambahkan, mutasi tersebut juga harus dimaknai sebagai usaha untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan publik.

Pewarta: Naufal Fikri Yusuf

Editor : Adi Lazuardi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2020